Warisan Budaya Dunia, Candi Borobudur dan Candi Prambanan

Belum ke Jogjakarta katanya kalau belum mengunjungi warisan budaya dunia ini, Candi Borobudur dan Prambanan memang sudah terkenal di seluruh dunia dan sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan budaya dunia nomor 592 dan 642.
Tujuan pertama saya adalah candi Borobudur, letak canti memang agak jauh diluar kota Jogjakarta bahkan sudah masuk dalam profinsi Jawa Tengah, dari hotel tempat saya menginap di Jalan Malioboro saya segera menuju halte Bus Trans Jogja, walau tidak tahu jalur apa saja yang akan kita naiki kita bisa bertanya di loket jalur apa saja yang akan kita naiki maka akan dijelaskan dengan jelas, membayar tiket seharga Rp. 3.000 kita sudah bisa menaiki angkutan umum yang nyaman ini.
Ternyata untuk menuju Terminal Jombor saya harus menaiki Trans Jogja jalur 3A kemudian turun di halte Jalan KH. Ahmad Dahlan untuk transit dengan jalur 2B. Sesampainya di Terminal Jombor tinggal mencari Bus dengan jurusan Terminal Borobudur, untungnya ada seorang bapak-bapak yang juga pulang menuju daerah Borobudur jadi tidak susah untuk tanya-tanya mencari bus.
Perjalanan menuju Terminal Borobudur lomayan lama, namun tidak terasa karena saya bisa menikmati pemandangan di jalan, bahkan juga terlihat bekas aliran lahar dingin hasil letusan Gunung Merapi yang sekarang rame dijadikan objek wisata dadakan oleh masyarakat.
Sekitar 2 jam perjalana saya tiba di terminal Borobudur, untuk menuju kawasan candi ada beberapa alternatif yaitu naik Becak, andong dan berjalan kaki, pilihan terahir lah yang saya pilih karena hanya berjarak sekitar 500 meter.
Untuk memasuki kawasan candi kita harus membayar tiket masuk sebesar Rp. 23.000. Cuaca lumayan panas, walau banyak yang menyewakan payung kepada wisatawan, namun bukan backpacker namanya kalau takut hitam karena panas matahari....(hehe sebenarnya hemat beib).
Setelah puas menikmati kawasan Borobudur saya segera melanjutkan perjalanan ke tujuan berikutnya, namun kali ini saya mencoba untuk naik delman untuk menuju Terminal Borobudur dengan tarif Rp. 5000.
Sesampainya di terminal Jombor saya tidak kembali ke Maliboro namun langsung menuju candi borobudur dengan menggunakan bus Trans Jogja kembali. Kali ini dengan jalur 2B transit di halte terminal Condong Catur dengan Trans Jogja jalur 3B dan turun di terminal Prambanan.
Dari terminal menuju kawasan candi saya naik becak dengan tawar menawar yang lumayan alot akhirnya setuju tarif ke kawasan Prambanan dengan harga Rp. 6.000 dan ternyata becaknya sudah dimodif pakai motor sehingga paman becak tidak susah-susah mengayuh roda becak.
Sama seperti di candi Borobudur di sinipun untuk masuk harus membayar tiket dengan harga Rp. 23.000 per orang, sebenarnya saya ingin yang langsung satu paket dengan candi Ratu Boko, namun karena sudah sore jadi Cuma bisa candi Prambanan saja.
Kawasan candi Prambanan atau juga sering disebut Candi Roro Jongrang juga lumayan luas dengan fasilitas yang lengkap, adanya museum yang menceritakan ketika pertama candi ini pertama ditemukan dan juga ketika pemugaran candi ketika rusak parah oleh gempa bumi yang meluluhlantakan Jogjakarta dan sekitarnya.
Senagaja untuk menunggu Sunset di candi Prambanan yang katanya bagus saya mengelilingi kawasan ini, ternyata juga ada candi lain di sini yaitu candi Lumbung dan candi Sewu. Ada juga kebun binatang kecil yang berusun beberapa ekor rusa dan binatang lainya.
Setelah sunset saya segera kembali menuju terminal Prambanan dengan tarif Rp. 5.000, lebih murah seribu dari berangkat tadi..hehe. Dan kembali naik Trans Jogja untuk pulang ke hotel di Jalan Malioboro.
Note:
Menuju Candi Borobudur:
  • Trans Jogja : Malioboro – 3A – KH. Ahmad Dahlan – 2B – Terminal Jombor : Rp. 3.000
  • Bus terminal Jombor – Terminal Borobudur : Rp. 10.000
  • Masuk kawasan Candi : Rp. 23.000
  • Makan : Rp. 13.000
  • Andong : Rp. 5.000
  • Bus Terminal Borobudur – Terminal Jombor : Rp. 10.000
Menuju Candi Prambanan
  • Trans Jogja : Terminal Jombor – 2B – Halte Condong Catur – 3B – Terminal Prambanan : Rp. 3.000
  • Becak : Rp. 6.000
  • Masuk kawasan Candi : Rp. 23.000
  • Becak : Rp.5.000
  • Trans Jogja Terminal Prambanan – 1A – Malioboro : Rp. 3000
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

14 komentar :

  1. Thanks infonya mas...
    berguna banget, terutama info rute angkutan umumnya, kebetulan lg rencana mau ke jogja minggu dpn..
    Jalan-jalan terus...semangat...

    BalasHapus
  2. sama-sama mbak...jalan-jalan terus sampai mampus..hee

    BalasHapus
  3. wah...pas bgt infonya.... kebetulan bln mei thn bsk jg mo ke jogja...
    thanks bro... salam ransel....

    BalasHapus
  4. SalamRansel juga bro....masih lama Mei,masi semat cari persiapan...:-)

    BalasHapus
  5. thaks infonya, rencana lusa mw ke jogja u pertama kalinya

    BalasHapus
  6. Sama-sama...makasih udah mampir di sini....

    BalasHapus
  7. Mantap.....informasi rute dan harga akurat
    Ne dia cocoknya jd guide.
    Membantu, apalagi baru pertama ke jogja
    Maksihhhhh

    BalasHapus
  8. Ok Banget infonya... Bravo!

    BalasHapus
  9. Mantap gan simpen di catetan ane nih gan, nice info :)

    BalasHapus
  10. Thanks ya mas...minggu dpn ada rencana kesana tp g pk travel..infonyak ak smpen..berguna bangget..m

    BalasHapus
  11. Thanks ya mas...minggu dpn ada rencana kesana tp g pk travel..infonyak ak smpen..berguna bangget..m

    BalasHapus
  12. Thanks banget buat infonya

    BalasHapus
  13. Thanks banget buat infonya

    BalasHapus
  14. Kalo sekarang masih segitu ga tarifnya, jehejeh

    BalasHapus