Tips Liburan Murah ala Backpacker ke Bali

Bali??siapa sih gak tau Bali, bahkan "bule-bule" bahkan lebih tau Bali dari di Indonesia, ketika ditanya "Do know Indonesia?", ada yang jawab "Where is Indonesia?is it near Bali?". Ironis bukan...??
Begitu juga dengan masyarakat Indonesia kalau di tanya tentang liburan pasti Jawabannya Bali atau gak Jogjakarta, kecuali para Backacker tentunya, yang lebih excited untuk menjelajah keunikan dan keindahan Indonesia yang lainya.Tapi walau bagaimanapun saya akan coba sedikit berbagi berdasarkan pengalaman tentang tips liburan murah ala Backpacker ke Bali. Namun kalau anda lebih mengutamakan kenyamanan dengan mengesampingkan pengalaman lebih baik ikut tour, tak perlu repot-repot untuk mengurus segala sesuatunya, namun dengan travelling ala Backpacker anda harus menurus segalanya sendiri, dari cari tiket, dimana menginap sampai itinerary perjalanan, kita bahas satu-persatu ya..:



1. Bagaimana cara ke Bali?

Banyak jalan menuju roma, begitu pepatah bilang...begitu banyak pilihan cara untuk menuju Bali, bisa naik, pesawat, kereta, bus, bahkan jalan kaki kalau sanggup..Mau naik pesawat, bisa dapat tiket murah kok asal anda harus rajin hunting di web beberapa maskapai penerbangan yang sering mengadakan promo tiket murah. Namun sejak berhentinya salah satu maskapai penerbangan nasional kita banyak para pemburu yang harus merogoh kocek lebih banyak, mudah-mudahan maskapai tersebut segera beroperasi kembali(Amiiiin kata yang tiketnya masih belum di ganti,he..he..).
Yang kedua bisa dengan kerte api, namun dengan Kereta api hanya sampai Banyuwangi dan harus melanjutkan perjalanan dengan menggunakan bus. Sebenarnya pihak KAI sudah menyediakan Bus terusan dengan membeli satu paket dengan tiket kereta api, namun bagi yang ingin lebih murah dari stasiun bisa menuju Pelabuhan penyeberangan dengan berjalan kaki (Deket kok), kemudian menyeberang dengan fery dari pelabuhan Ketapang menuju pelabuhan Gilimanuk, nah di sini baru cari Bus dengan tujuan Denpasar. Sesampainya di Terminal di kota Denpasar sebaiknya langsung menuju Kuta, bisa dengan ojek atau taxi, jangan lupa untuk menawar harga semurah-murahnya...:-)

2. Tidur di mana?

Untuk tempat menginap sebenanya bisa gratis apabila anda punya kenalan di Bali baik di Denpasar maupun di Kuta. Namun bagi yang tidak punya kenalan ada banyak tersedia penginapan murah di Kuta, Khususnya di sekitar Popies Lane (Kampungnya para Bacpacker). Di sekitar Popies Lane II banyak penginapan yang cukup murah dan bersih, dengan fasilitas Fan maupun AC dan kamar mandi dalam. Tinggal pilih saja, di sepanjang jalan bertebaran penginapan murah seperti Losmen dan hostel dengan harga sekitar 40-60 ribu rupiah. Pengalaman saya menginap di Losmen Arthawan dengan harga Rp. 60.000 untuk berdua dapat kamar yang bersih serta kipas angin dan kamar mandi dalam. Bagi yang punya budget sedikit lebih bisa mencari hotel yang lebih mahal dari harga 100-300 ribu..atau dengan gaya Lux Traveler bahkan bisa sewa resort atau hotel mewah...:-)

3. Makan di Mana?

Kalo sudah urusan perut semua pasti setuju bahwa itu penting, Di sepanjang Pantai Kuta banyak warung yang murah, dari masakan Padang sampai masakan Jawa. kita bisa makan sambil menikmati panorama pantau Kuta yang selalu rame. Atau bagi yang budgetnya betul-betul terbatas bisa menyiasati dengan membeli Roti, satu bungkus kan bisa untuk beberapa kali makan..Dan kalau beruntung dapat Losmen/penginapan murah yang menyediakan Breakfast, namun pastinya sarapan dengan menu "Bule" yaitu salad dan telor. Bagi yang sedikit berkantong tebal banyak pilihan restoran, dari fast food sampai makanan tradisional yang disajikan dengan gaya yang mewah. Bagi kawan-kawan muslim yang khawatir dengan masalah makan tinggal cari saja warung atau restoran yang ada tulisan "Jawa" atau "Muslim" dijamin halal..

4. Berkeliling di Bali

Banyaknya objek wisata di Pulau Bali membuat agak tidak memungkinkan untuk berkeliling dengan berjalan kaki, begitu dengan dengan angkot yang hampir langka. Sebenarnya banyak agen-agen wisata yang menawarkan paket-paket wisata harian dengan berbagai harga dan tujuan. Namun bagi seorang Backpacker yang sudah menyiapkan itinerary jauh-jauh hari sebelumnya bisa dengan cara menyewa mobil atau motor. Bagi teman-teman yang berangkat rombongan bisa menyewa mobil sehingga bisa lebih hemat karena ada teman untuk berbagi, dengan harga sekitar Rp. 250.000-300.000 sudah dapat mobil Avanza dan sejenisnya. Namun bagi yang Solo ataupun berdua lebihbaik menyewa motor dengan harga sekitar Rp. 50.000 untuk motor metic, berkeliling dengan motor merupakan solusi untuk mengaatasi kemacetan di sekutar Kuta bagi kita yang tidak punya banyak waktu.

So, Tunggu apa lagi..Kemasi barang-barang kedalam Ransel anda..!!
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

29 komentar :

  1. Jadi Totalnya kalo dak ke Bali Perlu budget minimal berapa ka, mun dari BJM ??

    Pertama kali keluar Pulau kalimantan pernah ke surabaya ja bulan tadu,,, itu gen dibayari Orang n hasil ngeblog. he,

    Handak jua kebali nah merasai :)


    Salam blogger banua :
    Kelebihan Indosat Mobile

    Btw,, blognya udah lun follow, kalo berkenan follow balik lah :) he
    makasih

    BalasHapus
  2. Thanks udah mampir..
    ke Bali kemaren sekitar 1,5 juta udah bisa...dengan gaya Backpackr tentunya...

    BalasHapus
  3. waduh ndra segitu berapa hari tuh?kykna kemahalan amir....

    BalasHapus
  4. @fazar:iya kalo dari situ emang kemahalan..hehe..ini dari Kalimantan bro...

    BalasHapus
  5. @Lina:maaf komen y gak sengaja ke hapus..
    dri bjm bisa ambil peswat ke surabaya dl,baru lanjut ke denpasar..

    BalasHapus
  6. Wah, ganti template ya Mas? Tambah prof aja nih, kayaknya? :D
    Pengen ke Bali lagi saya, dulu cuma ikut study tour kelas, pas SMA.
    Naek motor juga kayaknya mantap, dari Jogja. Hahaha

    Eh, tadi kok komennya ilang ya, Mas?

    BalasHapus
    Balasan
    1. hoho...menjelang lebaran ganti baju dulu...ini juga udah lama k bali y..
      Komentar yang mana mas?

      Hapus
  7. Hahaha.. Baju baru gitu ya, mau lebaran? :P
    Iya mas, kurang puas kemaren, ke Balinya.

    Yg di blog saya, ada masuk di email, tp kok di page blognya ga ada, yg travel blog itu

    BalasHapus
  8. Hidup bacpacker..aye sdh cobain bang kesnaa ala backpacker elite seputaran Kuta ga usah nyewa motor jalan kaki aja sapa tau nyasar ad gadis jepang nyamperin..Popies surganya backpacker..oya klo msuk resto jgn mkan traditional food dijamin harganya selangit..drpda western food...ajibbbb (pengalamannnn...wkwkwkw...)

    BalasHapus
    Balasan
    1. beluym pernah nyobain western food di sana...

      Hapus
  9. Blog walking bang dr yg biasa komen2 di twitter @nrw_itha

    BalasHapus
  10. wow, blog yg sangat luar biasa, infonya bagus, thanks
    salam dari karimunjawa jepara

    BalasHapus
  11. Pengalaman seru ane backpackeran ke Bali gan ...
    http://aughes.blogspot.com/2014/05/backpackeran-ke-bali-9-12-mei-2014-1.html

    BalasHapus
  12. iya, lebih baik ikut tour hihihi
    Dunia Wisata Tour Organizer
    bisa jadi andalan anda buat tour..
    call aja 0341-456444
    cek paket wisata di www.duniawisataku.com
    enjoy travelling :)

    BalasHapus
  13. Salam kenal , kami menyewakan villa di malang , villa batu murah untuk perusahaan . Info lebih lengkap : http://www.1stoutbound.com/villa-refa-bungkoh-villa-di-malang/

    BalasHapus
  14. terimakasih infonya sangat membantu sekali

    BalasHapus
  15. gimana gan kalo jalur kapal, kira2 berapa anggapanxa dari pelabuhan trisakti ke surabaya dulu :D

    BalasHapus
  16. Saya setuju kalau ke bali murah.. tapi satu hal yang saya lihat cukup mahal.. makan di bali koq sekarang harganya melonjak ya???

    BalasHapus
  17. Kampung para Bacpacker, terima kasih banyak, sangat bermanfaaat pak
    salam hangat dari kami paket karimunjawa

    BalasHapus
  18. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  19. Ke karimun jawa murah juga lho bagi anda yang tinggal di pulau jawa. Ayo kunjungi http://maniaxtour.com/

    BalasHapus
  20. Very interesting article made me feel at home for a long time on your website, may be useful. we are waiting for further information

    BalasHapus
  21. mantap banget nih tipsnya, bisa langsung di praktekin ;D

    BalasHapus
  22. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  23. wihh keren bang,,,, saya pengen ke bali nih tapi backpakeran,,, so dari informasi yang mas posting saya jadi lebih semangat nih untuk kesana


    Wisata laut yang layak dikunjungi di negara indonesia salah satunya adalah karimun jawa , pantai pasir putih dan keindahan dunia bawah laut wisata karimunjawa banyak dicari oleh para traveler di seluruh penjuru dunia, wisata pulau karimunjawa menjadi solusi cerdas untuk refres sejenak dari segala rutinitas. Kabupaten jepara adalah kota industri yang sangat terkenal akan furniture jepara nya, berbagai produk banyak dihasilkan seperti kusen pintu dan Lantai Kayu. Menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan pembalut avail

    BalasHapus
  24. wih kalo dari jawa tengah trus Bonek gimana bang?

    Wisata laut yang layak dikunjungi di negara indonesia salah satunya adalah karimun jawa , pantai pasir putih dan keindahan dunia bawah laut wisata karimunjawa banyak dicari oleh para traveler di seluruh penjuru dunia, wisata pulau karimunjawa menjadi solusi cerdas untuk refres sejenak dari segala rutinitas. Kabupaten jepara adalah kota industri yang sangat terkenal akan furniture jepara nya, berbagai produk banyak dihasilkan seperti kusen pintu dan Lantai Kayu. Menjaga kesehatan reproduksi wanita dengan pembalut avail

    BalasHapus
  25. kayaknya asik berlibur kesana kapan kapan kapan mampir sini lagi ahh

    BalasHapus
  26. lha ini, mantap nih
    pengen nyobain sih backpacker, tapi kendalanya satu, uangnya belom ada hahaha. kapan2 ke bali lah, ala backpackeran :D
    thankyou min buat informasi yg penting, buak bekal backpackeran suatu saat nanti.

    BalasHapus
  27. kayaknya si asyik dan sangat menyenangkan bos, tapi lagi lagi uang harus berbicara lebih,,,, tapi kalau tidak di tekat ya tidak keturutan gan...

    BalasHapus