Film Backpacker dan Petualang

Dengan menonton film seringkali kita semakin tergugah untuk melakukan sesuatu, salah satunya ketika menonton film tertang perjalanan seseorang ke tempat-tempa yang indah kita juga ingin ke tempat itu, begitu juga ketika cerita itu inspiratif sehingga berpengaruh dalam kehidupan kita sehari-hari.
Berikut ini saya akan tuliskan beberapa film tentang pertualangan dan perjalanan backpacker yang pernah saya tonton. Walau tidak mengerti dengan bagaiman cara me-review atau me-resensi sebuah film namun saya coba menuliskan dengan apa yang saya lihat dan saya rasa.
1.       Into the Wild
Film yang di adaptasi dari judul yang sama ini menceritakan perjalanan Christopher Mc Candles setelah menyelesaikan studynya di kampus yang ternama dengan predikat cumlaude, dia melakukan perjalanan ini karena kecewa dengan orang tuanya yang terlalu memikirkan materi.
Dalam perjalanannya menuju Alaska dia mengganti namanya menjadi Alexander Supertramp dan dia mengalami banyak hal dan bertemu dengan berbagai jenis manusia, seperti ia bertemu dengan seorang pasangan hippie Jan Burres dan Rainey yang berkeliling dengan mobil Van mereka, bertemu dengan seorang gadis yang pandai menyanyi, sampai kemudian bekerja di sebuah ladang gandung, namun dia hars melanjutkan perjalanannya kembali ketika sang pemilik perkebunan di tangkap.
Mengarungi sungai Colorado yang beraurus deras dengan kayak sampai harus kejar-kejaran dengan polisi karena untuk mengarungi sungai itu harus memiliki izin dan menunggu antrian sampai bertahun-tahun. Dia mengarungi sungai dengan kayaknya hingga menembuts perbatasan Meksiko.
Dan banyak hal lagi yang dilaluinya sampai akhirnya sampai ke Alaska di watu musim Dingin, walau sebelumnya seorang kakek yang bertemu dengannya melarangnya pergi sampai akir musim dingin. Akhirnya dia menemukan sebuah Bus yang kemudian digunakannya sebagai tempat tinggal. Setelah 2 tahun perjalanannya akirnya dia menyadari apa yang dicarinya selama ini, namun ketika ingin kembali sungai besa menghadang perjalanan pulangnya.
Musim yang terus berganti mengakibatkan persediaan makan semakin sulit untuk didapat membuat dia harus  memakan rerumputan, namun karena kurang teliti ketika membaca buku yang dimilikinya dia memakan Jenis tumbuhan yang beracun sampai akhinya menemui ajalnya dengan diiringi bayang-bayang keluarganya.
Walaupun alur cerita dalam film ini meloncat-loncat dari “magic bus” ke perjalanannya sebelumnya namun cukup menarik untuk diikuti, walau ceritanya sederhana namun detailnya sangat teliti dan telaten, ini yang membuat cerita film ini menjadi kaya dan inspiratif . acting para aktornya pun sangat alami sehingga cerita terkesan tdak dibuat- buat. Yang membuat saya tambah menyukainya bagaimana actor  memerankan tokoh utama yang sebelumnya berisi sampai menjadi kurus hingga mirip aslinya seperti foto yang ditampilkan di akhir film.
Walaupun Backpackeran sampai mati namun kisahnya dapat diketahui dari tulisan yang selalu dia tulis dalam buku diarinya. Semuanya tampak biasa namun luar biasa. Kebanyakan para Backpacker pasti pernah menunton film ini, mungkin kalau ada film wajib bagi seorang backpacker film ini salah  satu yang harus di tonton.
Note:
Directed bySean Penn
Produced bySean Penn
Art Linson
William Pohlad
Written bySean Penn
Based onInto the Wild by
Jon Krakauer
Narrated byJena Malone
Sharon Olds
Carine McCandless
StarringEmile Hirsch
Marcia Gay Harden
William Hurt
Jena Malone
Catherine Keener
Vince Vaughn
Kristen Stewart
Hal Holbrook
Music byMichael Brook
Kaki King
Eddie Vedder
Canned Heat
CinematographyEric Gautier
Editing byJay Cassidy
StudioSquare One C.I.H.
Linson Film
River Road Entertainment[1]
Distributed byParamount Vantage
Release date(s)September 21, 2007
Running time148 minutes
CountryUnited States
LanguageEnglish


2.       The Beach
Film yang dibintangi oleh Leonardo Dicaprio ini menceriakan tentang seorang backpacker yang sedang berlibur di Thailand, pertualangannya dimulai ketika dia bertemu dengan seseorang yang bernama Daffy yang  memberinya sebuah peta sebelum ia ditemukan telah meninggal karena bunuh diri dikamarnya oleh Richard (DiCaprio). Kemudian dia membagi tentang peta tersebut dengan pasangan dari yang juga menginap di penginapan yang sama, dengan merekalah Richard memulai pertualangannya mencari tempat yang dimaksud oleh peta tersebut.
Ternyata pulau yang ada di dalam peta masuk dalam kawasan taman nasional sehingga kapal tidak diperbolehkan untuk merapat di pulau tersebut, jadinya mereka diturunkan di sebuah pulau yang dekat dengan  pulau tersebut dan untuk mencapainya mereka harus berenang di lautan.
Sesampainya di pulau iu mereka langsung dengan berhadapan dengan sebuah kebun ganja yang dijaga oleh orang-orang yang bersenjata, untunya mereka berhasil meloloskan diri dan terjun ke sebuah air terjun. Di sinilah mereka bertemu dengan salah satu penghuni pulau tersebut yang membawa mereka ke perkampungan para turis yang terbuai oleh keindahan pulau tersebut.
Mereka juga ikut berbaur dan tinggal di pulau surga yang dirahasiakan tersebut sampai ketika pemimpin mereka Sal mengetahui bahwa Richard juga membocorkan tentang peta tersebut kepada orang lain, dari sinilah konflik erus bermunculan hingga akhirnya mereka memutuskan untuk meninggalkan pulau tersebut dan membuka rahasia kepada orang lain tentang keindahan pulau itu.
Keindahan pulau-pulau di Thailand yang melatar belakangi film ini membuat banyak orang ingin mengunjungi Phi-phi Island, tempat syuting film ini. Termasuk saya juga yang bercita-cita untuk ke sini suatu saat nanti, namun alas an sebenarnya saya menonton film ini adalah keika ingin jalan ke Pulau sempu dengan laguna Segara Anakan yang yang katanya juga katanya tak kalah indah dari pulau ini, sama-sama laguna yang dikelilingi oleh tebing-tebing namun Pulau Sempu lebih sepi dan alami.
Note: 
Directed by Danny Boyle
Produced by Andrew Macdonald
Written by Novel:
Alex Garland

Screenplay:

John Hodge
Starring Leonardo DiCaprio
Virginie Ledoyen

Guillaume Canet

Robert Carlyle

Tilda Swinton

Paterson Joseph
Music by Angelo Badalamenti
John Cale

Brian Eno
Cinematography Darius Khondji
Editing by Masahiro Hirakubo
Distributed by 20th Century Fox
Release date(s) February 11, 2000 (UK & US wide)
Running time 119 minutes
Country United Kingdom
Language English
(BERSAMBUNG)
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

10 komentar :

  1. ada ae nah nah,pi q kada d Bjm lagi..:-)

    BalasHapus
  2. wah.. kayaknya rame neh film, baca resensi aja udah kebayang2 hehe...

    BalasHapus
  3. yoi bro...rugi backpacker klo blum nonton...hee
    masih bnyk film yg lain...tunggu aja..

    BalasHapus
  4. ditunggu gan referensi lanjutnya...

    BalasHapus
  5. seeep..ntar klo udah mood nulis baru baru dilanjutin..hehe

    BalasHapus
  6. minjam fil in the wild donkkkk , buku tentang backpacker apa ya

    BalasHapus
  7. bisaa...tpi skrg lg kd2 d bjm,download ja mun handak lakas...
    Buku y banyak ae,browsing y di google...hee

    BalasHapus
  8. udah pernah nonton yang into the wild, pesannya si "happiness only real when it shared" ada pesan moral dari film into the wild, kalau kebahagiaan akan terasa nyata kalau dibagikan :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betul bro,pda akhr y kan dia sadar bahwa dia tdk bsa sndri d dunia,namun ketika dia mau balik sungai deras menghalangi y..

      Hapus