Ribuan Terimakasih

Tak terasa satu bulan lebih aku meninggalkan rumah di Puruk Cahu sejak 9 September2011, hingga mengakhiri perjalanan ku dengan kembali lagi ke Banjarmasin tanggal 18 Oktober 2011, banyak kisah yang terjadi dalam perjalanan ala backpacker ini dan tentunya bertemu manusia-manusia Indonesia yang dengan beragam Suku dan Bahasa yang berbeda pula, namun satu hal yang pasti, keramahan dan kebaikan masyarakat nusantara selalu mencumbuiku dimanapan aku berada.
Banyak kisah yang terjadi dalam perjalanan kali ini, baik itu suka, duka senang dan sedihnya, maupun pelajaran yang saya dapat petik ketika menapaki jalan Nusantara ini. Menyusuri Jogjakarta, Solo, Surabaya, Malang, Gunung Semeru. Ende, Moni, Danau Kelimutu, Bajawa, Labuan Bajo, TN Komodo, Bima, Mataram, Gili Trawangan dan TNL Karimun Jawa, lalu balik kembali ke Surabaya untuk kembali ke Banjarmasin dengan mengunakan kapal yang delaynya gak tanggung-tangung.
Selain itu, artikel ini sebagai ucapan terima kasihku kepada para malaikat-malaikat yang telah menolongku selama perjalanan ini. walaupun tak dapat q sebutkan satu persatu namun mudah-mudahan segala kebaikan saudara-saudara menjadi amal kebaikan yang akan dibalas oleh yang maha esa.
Yang pertama-tama adalah syukurku kepada ALLAH SWY yang telah meridhoi perjalan ini, kemudian Abah dan Mama yang selalu memberi dukungan bagi anaknya yang ingin lebih mengenal Indonesia dari dekat ini, serta adik-adikku yang aku sayangi, Indri dan Indah. tak tupa pula cinta q Lilik Rohmawati yang selalu setia mendampingi ku di kala susah maupun senang.
Dan yang paling banyak berperan adalah teman-teman yang tergabung dalam Forum Backpacker Indonesia atau yang disingkat FBI, dengan fasilitas rumah singgah yang menjadi salah satu kelebihan dari komunitas ini, hanya bermodalkan dengan kepercayaan dengan orang-orang yang mencintai Indonesia kita merelakan untuk membagi tempat istirahat bagi para Backpacker yang sedang mengexplore keunikan negara kita ini. Mungkin lain kali akan saya tulis di dalam artikel tersendiri tentang komunitas ini.
Saya ucapkan terima kasih banyak kepada saudara-saudara anggota Forum Backpacker Indonesia  yang telah berani dan percaya untuk berbagi dengan saya, dari Solo ada saudara Mbendol dan Fazar, Rizal dan Nor Karmawan beserta teman-teman Backpackerindonesia.com Regional Surabaya, Mas Imam di Malang, Serta Rinja di Mataram (Lombok).
Sudara-saudara seperjuangan yang tergabung dalam team Elkape dalam ekspedisi Gunung Semeru, Yudhistira Rangga, Sandra Mariana, Indah Maharani, Delta Alevi, Euis Faradhillah, Raisan Al Farisi, Fikri Rezqan, Bima A. Putra, Fika Astari, Togi Tambunan, Dian Shiloh Mariany, Yani Pahlawiyanti, Haryo Bimo S, Eko Saputra,  Felisianus Jeremy Andrian, Harni, Atmaji Priyo Hutama, Agus Purwantoro, Rudy Sanjaya, Amin Mubarrak,Yani Indriati, Wisnu Pramuliawardani, Delly Andrian, Andy Rahman, Uni Herawati. Mayoz Maia, dan Iman Rabinata.
Adli dan Nazif beserta teman-teman asrama Kab. Banjar di Malang, Teman-teman seperjalanan di atas kapal menuju Ende (Flores), serta saudara-saudara luar biasa di pulau Flores yang baik hati, mama Sisilia dan anaknya Mas Wahyu di Moni. Mas Tarmidzi di Bajawa, Serta orang yang saya anggap seperti kaka sendiri yaitu kaka Pedi Parera beserta keluarga yang banyak menolong di Labuan Bajo, oh ya juga kang Icang teman karibnya yang juga berasal dari kota "Pohon Beringin".
Kapten Sofian beserta ABK nya Juna, Gus dan Yos dalam sailing trip di Taman Nasional Komodo serta 4 orang guru dari Francis yang luar biasa Raymond Boutin, Nordis, Francois dan Alain. Kebaikan mas Joe di Gili Trawangan juga tak mungkin dapat saya lupakan. Teman-teman yang luar biasa dalam trip Karimun Jawa, Isni, Uni, Ali, Hatta, Indra, Vicky, Dicky, serta Mas Eko.
Mungkin tak semua nama terlulis di sini , namu saya kembali mengucapkan terima kasih sebanyak-banyaknya serta mohon maaf yang sedalam-dalamnya atas semua kekhilafan saya sebagai manusia biasa. Semua cerita mudah-mudahan bisa saya tuliskan dengan tulisan saya yang seadanya yang mana akan saya bagi menjadi perbagian, jadi tunggu saja kelanjutannya dalam blog ini.
“One’s destination is never a place, but a new way of seeing things.” – Henry Miller
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

7 komentar :