Backpacker Versi Saya



Iseng-iseng bongkar harddisk  akhirnya nemu catatan usang yang dibawah yang saya tuliskan untuk wawancara di salah satu harian di Kalimantan Selatan, dari pada berdebu di hardisk lebih baik dimasukin di blog yang juga udah mulai berdebu. Demikian..
Apa sih Backpacker?
Banyak versi untuk pengertian backpacker itu sendiri, secara harfiah sendiri Backpacker adalah orang yang memanggul ransel. Sedangkan secara arti luas backpacker itu adalah jalan-jalan murah yang tak sekedar jalan-jalan, dan saya sendiri sepakat bahwa ada 4 poin penting yang harus dipenuhi baru bisa disebut backpacker, yang pertama Independent, yang berarti bahwa dia menyusun sendiri rencana menjalanannya, jauh-jaun hari dia telah menyusun itinerary (Rencana Perjalanan) nya, mencari informasi tentang daerah yang dituju baik itu dari internet atau informasi orang lain,jadi orang yang berwisata dengan ikut Tour belum bisa disebut sebagai backpacker..:-) Yang kedua adalah adalah Travel Light, bawaan seorang backpacker haruslah seringan dan sehemat mungkin, karena seorang backpacker butuh pergerakan yang lincah dan flexsible. Ketiga Travel Cheap, namanya juga backpacker juga harus murah donk, baik itu transportasi maupun Akomodasi lebih suka naik angkutan umum maupun tinggal di hotel-hotel murah, bahkan terminal atau bandara bisa menjadi pilihan. Dan yang terakhir adalah Educational, dalam perjalanan seorang backpacker bukanlah melihat yang indah-indah saja, tapi bergaul dengan masyarakat yang utama, sehingga kita bisa merasakan bagaimana budaya setempat dan yang penting dapat sesuatu pelajaran yang baru dari perjalanannya tersebut.
Kenapa suka?
Dengan menjadi backpacker kita bisa lebih mengenal dan mencintai tanah air Indonesia dengan segala keragamannya.
Suka duka selama menjalani perjalanan?
Lebih banyak sukanya karena apapun itu harus dinikmati, yang pastinya wawasan kita lebih luas dibanding hanya membaca dari buku. Dukanya kadang-kadang kalau terlalu lama jalan jadi kangen rumah..:-)
Manfaat?
Banyak manfaat yang bisa didapat dari backpacking, salah satunya adalah tentang arti hidup. Selain itu kita punya banyak kenalan di manapun kita berada.
Tips & trik jadi Backpacker.
Rencanakan perjalanan sejak dari rumah, kita harus terlebih dahulu mengenal destinasi yang akan kita tuju sehingga kita lebih siap dengan apapun yang terjadi selama perjalanan, bisa dengan browsing di internet ataupun bertanya dengan orang yang sudah pernah mengunjungi tempat tersebut. Selain itu sleeping bag salah satu barang tak tak pernah ketinggalan ketika backpacking. Jangan lupa untuk bergabung dengan komunitas backpacker  yang makin menjamur sehingga kita bisa berbagi dan bertanya kepada orang yang lebih bepengalaman.
Geliat pencinta Backpacker di Kalsel.
Walau agak terlambat dari daerah lain sekarang di kalsel juga mulai bergeliat, bahkan salah satu komunitas yang ada (Banjarmasin Traveler) selain gencar jalan-jalan juga memperkenalkan wisata yang ada di Kalimantan.
Lokasi Favorit
Lokasi Favorif saya sejauh ini adalah Taman Nasional Komodo, keunikannya bukan cuma hewan Purba tersebut tapi juga dengan keindahan bawah lautnya. Terumbu karangnya yang masih sehat dan warna warni benar-benar memanjakan mata.
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

0 komentar :

Posting Komentar