Tips dan Itenerary Backpacking ke Wakatobi

Sebutan Surga di Atas dan Surga di Bawah kata Trinity,Naked Traveler ternyata memang real adanya. Banyak orang yang punya mimpi untuk dapat menikmatinya, namun sayangnya jalan yang panjang dan biaya yang tidak sedikit harus ditempuh untuk menuju Wakatobi, Salah satu Kabupaten di Provinsi Sulawesi Tenggara tersebut. So, di sini saya ingin berbagi sedikit pengalaman bagi teman-teman yang mau backpackeran ke Wakatobi.
Pulau Hoga
Dari manapun kita, pertama-tama harus menuju Kota Makassar terlebih dahulu kemudian ada beberapa pilihan menuju Wakatobi.
  • Pertama, dari Makassar naik Pesawat menuju kota Kendari, lalu dilanjutkan naik pesawat kecil ke Wanci di Pulau Wangi-Wangi.
  • Kedua, dari Makassar naik pesawat menuju Kota Bau-Bau, lalu dilanjutka dengan naik kapal penumpang menuju Wanci, Keledupa, Tomia atau Binongko. Untuk maskapai yang melayani Rute Makassar-Kendari/Bau-Bau ada Merpati Air, Lion Air dan Express Air. Untuk Merpati dan Lion Air bisa dilihat dan dibeli via Internet sedangkan Express Air tidak ada jalur Onlinenya. Tarif sekali terbang dari Rp. 300.000-700.000 tergantung rezeki waktu membeli..:-)
  •  Ketiga, dari Makassar naik Kapal Laut menuju Bau-Bau baru dilanjutkan ke Pulau-pulau di Wakatobi, untuk jadwal kapal Pelni bisa dilihat di Web Resmi Pelni (www.pelni.co.id), jadwal disini lumayan bisa dipercaya, untuk memastikan jamnya bisa ditelpon call centre yang ada. Sedangkan kapal penumpang menuju pulau Wangi-wangi, Keledupa, Tomia dan Binongko setiap malam pukul 9 dari Bau-bau.
Pastinya bagi backpacker seperti kita lebih memilih opsi yang termurah, dan untuk transportasi antar pulau di WaKaToBi dilayani oleh kapal-kapal penunmpang kecil yang lumayan berasa ketika laut sedang berombak. Sesuai pengalaman saya kemaren dari Bau-Bau ke Wanci tarif Kapalnya Rp. 103.000 kemudian dari Wanci ke Tomia Rp. 80.000 karena saya langsung menuju yang terjauh. Sedangkan antar pulau seperti dari Wanci – Keledupa- Tomia – Binongko antar pulau masing-masing Rp. 50.000.


Itenerary :
Berikut Rancangan Itenerary seperti yang kemaren yang sempat saya jalani ketika ke Wakatobi.
Day 1
Kota Asal – Makassar = Ambil penerbangan pagi
Makassar – Bau-Bau = Naik Merpati Air/Lion Air/Express Air sekitar pukul 11 dari Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.
Ada waktu beberapa jam di Bau-bau bisa disempatkan jalan ke Air Terjun Tirta Rimba atau Goa Lakasa Atau Pantai Nirwana / Benteng Keraton.
Malam sekitar Pukul 8 menuju pelabuhan, kapal menuju Tomia ada 2 hari sekali, jadi kalau ingin Langsung Menuju Tomia (Rp. 130.000)  atau Keledupa kalau kebetulan tidak ada kapal bisa terlebih dahulu naik kapal ke Wanci (RP. 103.000).

Day 2
Tiba Di Pulau Tomia.
Kapal Langsung Tomia tiba sekitar pukul 9-10. Kalau Naik kapal Wanci sampai pagi pukul 6-7 baru dilanjutkan naik ojek ke pelabuhan Mona dan cari kapal ke  Keledupa (Rp.50.000) atau Tomia (Rp. 80.000).
Bisa dilanjutkan istirahat dulu atau langsung explore daratan Tomia, ke Benteng atau ke Puncak Kahiangan tempat syuting Film Mirror Never Lies.

Day 2
Diving atau Snorkling trip di Tomia. Bagi yang mau Diving bisa menghubungi Pak Ade (081234767854 / 085341300675). Untuk penginapan di Tomia ada Hotel Adijaya ( sekitar 150.000-250.000), atau Homestay bisa minta bantu carikan dengan Pak Ade. 

Day 3
Pukul 8 pagi kapal berangkat ke Pulau Keledupa (Rp.50.000) kurang lebih 3-4 jam, turun di pelabuhan Taaw, Kapalnya tidak merapat di Pelabuhan tapi naik kapal kecil ke pelabuhannya (Rp. 10.000). Kemudian naik ojek ke Pelabuhan Ambeua, tempat penyebrangan ke Pulau Hoga atau bisa langsung menghubungi Pak Jufri (085395303993) dari Hoga untuk menjemput di pelabuhan , sekali berangkat Keledupa-Hoga (Rp. 50.000). Dan sore harinya bisa snorkeling di sekitar dermaga Pulau Hoga.

Day 4
Diving / snorkeling di sekitar pulau Hoga atau sekedar leyeh-leyeh di pantai berpasir Putih. Untuk diving bisa menghubungi dive master Pak Jufri di atas tadi. Sekali diving tarifnya Rp. 350.000 untuk yang sudah punya sertifikat. Sedangkan penginapan di Hoga tidak ada, hanya ada pondokan-pondokan masyarakat yang memang khusus disewakan seperti Bungalow per orang Rp. 50.000. untuk mahal lumayan mahal yaitu Rp. 40.000 sekali makan, jadi biar hemar bisa bawa mie instan atau Roti dari Pulau Utama. Listrik hanya menyala dari pukul 5 sore sampai pukul 11 malam.

Day 5
Kembali ke Keledupa dan bisa lanjut ke Pulau Wanci (Rp. 50.000) atau langsung balik ke Bau-Bau (Rp.100.000) sampai di Bau-bau pukul 8-9 malam.

Day 6
Explore Bau-bau lagi tergnatung penerbangan kembali ke Makassar yang biasanya sore hari dan kota Asal masing-masing.

Kapal dari Tomi ke Wanci
Tips Tambahan:
-          Bergaullah dengan masyarakat,  karena orang Wakatobi baik-baik siapa tau diajak nginap gratis di rumahnya seperti saya kemaren bahkan diajak naik perahu untuk snorkeling dan pastinya Gratis juga cuy..
-          Bawa Losion Anti Nyamuk karena di Pulau Hoga banyak nyamuk kalau musim Hujan. Atau pilih pondokan yang di tepi laut.
-          Bulan 6-8 adalah bulan-bulan datangnya siswa dan mahasiswa dari luar negeri yang penelitian di Pulau Hoga, biasanya semua pondokan sejumlah 143 penuh semua. Jadi usahakan hindari bulan-bulan tersebut atau bisa dihubungi orang di Pulau Hoga untuk memastikan.
-          Jangan lupa untuk memastikan jadwal kapal karena sering berubah-ubah biar tidak ketinggalan.


Happy Responsible Travel!

Tulisan ini bermanfaat? Mari dukung blog ini dalam event Skyscanner Bloscars Travel Awards 2014 dengan memberikan suara agar  tetap semangat membagikan tips dan cerita perjalanan bagi teman-teman pejalan sekalian.  Caranya  buka halaman ini (link)dan tinggal klik tombol pilih dan masukan email. Terima Kasih...Vote Me...

Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

63 komentar :

  1. tanya dong...transportasi antar pulau gampang nyarinya gak? in case kebablasan ama jadwal ferry, sewa speedboat (misalnya wangi2 ke hoga) termasuk gampang gak?
    thanks a bunch ;)

    BalasHapus
  2. iya gampang aja...biasa y di tiap pulau ada pelabuhannya...tanya aja ama penduduk kapan berangkatnya...

    BalasHapus
  3. Kemaren buat keliling wakatobinya kira2 abis berapa? sekalian diving sama snorkeling. Idealnya berapa orang gan kesana buat sharing cost supaya murah?

    BalasHapus
  4. sekitar 4 jutaan mas, agak mahal karena saya dari kalimantan tengah n naik pesawat trus....teman saya bisa ko 2 jutaan tapi naik kpal...
    5 ke atas udah enak ko buat sharing kost...

    BalasHapus
  5. thx u atas infonya
    punya no contact person yg bisa dihubungin di wakatobi nya?no telp homestay/hotel? yg punya boat?
    oh iya kalo sewa kapal utk snorkling berapaan yah?
    trus idealnya ke sana bulan apa? yg ombak n cuacanya baik, tp tdk terlalu penuh

    oh iya perjalanan kapal wanci, bau2 dll itu transportasi umum yg selalu ada setiap hari? info pelayarannya bisa diliat dimana?

    kalo naik pesawat ke wanci lgs penerbangan nya apa yah? express air yah? punya no contact personnya?

    sory jd byk nanya dan merepotkan

    kalo tidak merepotkan bisa email ke saya sphtanus@gmail.com

    thx u bgt yah atas infonya dan bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak ya pertanyaan y..hehe..
      tp maaf nanti dl y d jawab y 2 mnggu lg mas,soalnya skrg lg ngetrip..:-)

      Hapus
  6. Informatif banget blognya :) Hope can go there someday...

    BalasHapus
  7. Wuih keren blognya, bro..
    kayaknya bakalan sering mampir nih

    BalasHapus
  8. mkasih kawan...pintu slalu terbuka terbuka lbr..hee

    BalasHapus
  9. Nice blog.
    boleh donk join utk trip selanjutnya (khususnya laut).

    BalasHapus
  10. boleh banget kawan...tpi trip q sering mendadak..hee

    BalasHapus
  11. Lanjutkaaaaan gan.
    Keren gini tripnya mantep mantep

    BalasHapus
  12. hehehe...biasa aja gan..makasih lagi udah support..

    BalasHapus
  13. info yang hebat masbro...
    daku lom juga kesampaian nih ke wakatobi :(

    BalasHapus
  14. hehehe...pencinta bawah laut wajib ke sini mbak..;-)

    BalasHapus
  15. makasih loh infonya,manfaat banget buat gue =D

    BalasHapus
  16. keren reportnya.. bookmark dulu ah...

    BalasHapus
  17. Makasih....jangan lupa di download edisi lengkapnya dalam ebook di http://www.backpackerborneo.com/2012/08/ebook-edisi-wakatobi.html

    BalasHapus
  18. Info yang sangat detil... Wajib dicatat di buku kecil nih :)
    Salam kenal...

    BalasHapus
  19. salam kenal juga gan....blognya keren juga..:-)

    BalasHapus
  20. blognya ngebantu banget dan masih fresh... saya rencana 4 hari (long weekend maret 2013) mau kesana mas, bakal ke ga yah kalo saya fokus di wanci dan hoga saja??

    thx

    BalasHapus
  21. udah mantp itu mas...di hoga n wanci jga bnyak dive spot y kok...

    BalasHapus
  22. Mohon bantuannya untuk itenerary saya mas :)

    28 Mar '12 :Bau-bau_Wanci (via Kapal Ekspress Cantika, berangkat 12.00 tiba 15.00) jika ada kapal ke Ambeua kami akan langsung ke ambeua, jika tidak kami akan stay di wanci 1 night.

    29 Mar'12 : wanci - ambeua - hoga, eksplore hoga dan stay 1 night, snorkling + discovery diving.

    30 Mar'12 : hoga-ambeua-wanci, roundtrip wanci by motorcycle,stay 1 night.

    31 Mar'12 : wanci-bau2 (Via kapal Cantika) berangkat 09.00 tiba 12.00, ke hotspot bau2 Kamali, and goes to jakarta, by last flight.

    gimana mas, mohon bantuannya. oh iya apakah kapal dar wanci menuju kaledupa hanya ada di pagi hari saja?

    BalasHapus
  23. sudah mantap itu mas ato mbak. iya biasanya pagi aja adanya..ato coba aja ntar kali aja ada pas yang langsung dari bau-bau ke kaledupa..

    BalasHapus
  24. Hi mas, next trip mungkin bisa nge trip bareng.. hehehe

    BalasHapus
  25. boleh banget mbak...maret ke aceh kayaknya..follow aja @bpborneo untuk apdetnya...

    BalasHapus
  26. Backpacker Koprol dapet request, handle trip ke Wakatobi untuk Januari. eeh nemu artikel ini... ^_^ kalo boleh minta kontaknya donk mas Indra, email ya klo gak keberatan ke nurul2295@gmail.com makasiihh...

    BalasHapus
  27. oke mbak...email aja ya ke kambehai@gmail.com

    BalasHapus
  28. Malam ini saya berangkat ke Wakatobi. thanks infonya, sangat membantu sekali

    BalasHapus
  29. Mantap. itenary terpampang jelas dan lugas. nice trip.

    BalasHapus
  30. keren bro..sgt informatif
    ada rencana k sn april sm rombongan,kalo cuma ke wanci aj ok g bro?

    BalasHapus
  31. iya udah lumayan klo cuma ke wanci, tapi teteap aja nanggung bro...udah disitu jadi knpa gak sekalian aja pulau2 lainya..

    BalasHapus
  32. ada yang mau bareng ke wakatobi? saya rencana berangkat awal april 2013 ini dari Biak,Papua - Makassar ( nginap semalam ) - Bau Bau - Wangi Wangi (wanci ) dan kepulau2 sekitarnya. Kebetulan suami sepupu saya bertugas di Polres Wakatobi jadi kayaknya semuanya bakalan mudah deh hehehehe... contact aja ke boanergis@yahoo.com

    BalasHapus
  33. yuhuuu...yang mau ke wakatobi jga bisa contact ya d atas tuh...

    BalasHapus
  34. duh,,syg Boan,trip kami rncn akhir Maret ke Wakatobi tp bwt pswt baliknya cm 3x seminggu dari Wanci,jd rencana diubah tgl 27April-1Mei 2013,ayo yg mau join..
    btw mas Indra,,mksi infonya,,skalian mo tny dikit mas, klo ada spare 2hari lebih enak di Tomia/Hoga?

    BalasHapus
  35. oya,,mas Indra,,sy mau tny,,kami kan rncn dari Bau-bau ke Tomia,Hoga baru Wanci,,efektif ga ya?
    Nanti sy boleh minta saran ga mas,sy krm itenerary kami ke mas,,klo aja ada saran supaya perjalanan kami makin pas dgn waktu yg nge-pas,,hehe,,,trims mass
    Eniweii,,,yg mau gabung trip tgl 27 april-1 mei silakan email keshi_himura3@yahoo.com ya,,,

    BalasHapus
  36. wah kata sodara aku kalo mau dari wanci terbentur masalah penerbangan bisa ambil alternatif naik boat dari wanci ke bau-bau ( sekalian jalan2 di bau-bau ) nah abis itu bisa naik pesawat dari bau-bau ke makassar dst...

    BalasHapus
  37. ya Boan, sygnya terbentur waktu yg mepet klo awal April ini,jd pada mau izin/cuti klo akhir April,,hehe,,gimana Boan, posisi uda di Wakatobi?

    BalasHapus
  38. Baru merencanakan ke wakatobi ini nanti sept, bismillah mudah2an lancar

    BalasHapus
  39. Halo om salam kenal. . .
    Trmksh om infonya, buat referensi nih, ada niat mau berkunjung ke sana :D

    BalasHapus
  40. halo juga...slam kenal...sukses trip y..:-)

    BalasHapus
  41. mas mau nanya, ada gak pesawat dr kendari ke wanci? atau dr Ujung Pandang ke Wanci? kl ada nama pesawatnya apa ya? makasih...

    BalasHapus
  42. hallo, salam kenal. rencana kesana agustus akhir 2014. sendiri. ada yg mau barengin?

    BalasHapus
  43. Salam kenas mas Indra. informatif banget blognya. Saya rencana berangkat ke sana tanggal 10 - 13 Januari 2014. ada yang mau join? baru sendirian. dan udah dapet tiket makassar bau-bau. tinggal dari bau-bau ke pulau-pulau itu. karna waktu terbatas, mungkin saya ke tomia saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal juga mbak...hayoo yg mau join silahkan..

      Hapus
  44. Salam kenal bro
    Saya jg ada rencana mau kesana, kalau spot diving yg paling enak dipulau apa ya mas. Rencana pengen februari, tp blm punya tiketnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku belum pernah diving..tapi katanya di tomia sama hoga bagus..

      Hapus
  45. bro..gmn klo sama derawan,gw pernah ke derawan.and damn..its so amazing..gw pgn nyari yg lebih bagus lg..mohon petunjuk,salam kenal dr ane di banjarmasin

    BalasHapus
  46. salam kenal mas.
    luar biasa sekali penjelasannya.
    mencerahkann.

    kami rencana bakcpackeran ke sana libur lebaan ntar. ohiya, boleh tanya kalo dari Kendari naik pesawat ke pulau wangi-wangi itu tiketnya kena berapa ya? maskapainya apa? beli tiketnya dimana?

    trimakasih banyak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Susi air Kendari – wanci setiap hari pukul 9 siang dan 3 sore, di hari selasa dan jumat hanya penerbangan di pagi hari.

      WR

      Hapus
    2. Wings Air Senin, Rabu, dan Jumat Selain Wings Air juga ada Express Air dan Batavia

      Hapus
  47. Mas Anonim: susi air bs dipesan online kah? Harganya brp ya? Sy mau brangkat dari kendari Minggu 17agt dan pulangnya 19agt. Kira2 bs pesiar ke pulau lain/hanya di pulau wanci saja. Trims

    BalasHapus
  48. waaahhh, petualang sejati yah mas broo. thank's buat infonya yang bermanfaat ...

    BalasHapus
  49. Thanks untuk informasinya gan tetap semangat yahh :)

    BalasHapus