Rancangan Itinerary ke Raja Ampat, Papua Barat

Setelah sebelumnya saya tuliskan tentang tips ala Backpackerke Raja Ampat sekarang saya kembali buatkan rancangan rencana perjalan untuk backpacking ke Raja Ampat , itinerary ini sebagian bukan yang saya jalani kemaren namun setidaknya memberi gambaran buat teman-teman yang ingin kesana.
Pantai Saleo
DAY 1
 Ambil penerbangan pagi dari tempat asal menuju Sorong agar tiba di Sorong sebelum tengah hari, karena kapal menuju Waisai Berangkat pukul 14.00.
Dari Bandara bisa naik ojek ke Pelabuhan (Rp. 20.000) atau naik Angkot (Rp. 4.000). Berangkatnya drai Pelabuhan Rakyat.
Kapal Cepat Rp. 120.000 perjalanan sekitar 1,5 jam, sedangkan kapal besar Rp. 100.000.
Di Waisai dari Pelabuhan naik ojek (Rp. 20.000) ke Kota nyari penginapan, Bisa dihubungi Pak Alwi (082199345117).
Penginapan paling murah Rp. 170.000 (Penginapan Marannu) atau disampingnya Hotel Waisai Indah (Rp. 250.000).
Sore dan malamnya bisa ke pantai WTC atau nyari-nyari barengan buat sewa kapal.
Penginapan Marannu
DAY 2
 Pagi bisa keliling-keliling Kota Waisai, warung makan banyak di sekitar Pasar dari Rp. 10.000an. atau cari-cari kapal buat island hopping. Bisa mengubungi Pak Sudirman yang punya Long Boat.
Tengah hari menuju Pantai Saleo naik ojek Rp. 50.000 bisa minta antar dengan Pak Alwi dan langsung menginap disana, Homestay di Saleo (Ka Inyong 081344269587)per orang Rp. 250.000.
Dari sini bisa nyewa boat buat keliling pulau-pulau di sekitar Waigeo, Dekat ke desa Saporkren untuk bird watching Cendrawasih, berafiliasi dengan Dive centre, menyewakan alat snorkeling  dan di depan pantainya sudah bisa snorkeling.
Datang di sana bisa Langsung ke pantainya yang lumayan panjang atau langsung nyebur kelaut buat snorkeling.
Homestay Saleo
DAY 3
Island Hopping Teluk Kabui.
Teluk Kabui disebut juga miniaturnya Wayag, Sewa Longboat ke Teluk Kabui (Rp. 1.000.000) bisa minta carikan sama Ka Inyong.
Berangkat dari Homestay pagi-pagi langsung menuju Teluk Kabui kemudian mampir di Awiayo (Goa) Mangkuai, Batu Pinsil, Goa Sariri di Tabam, mampir di kampong Butong yang berada di atas tebing, Makan siang di Pantai dan snorkeling di Pulau Uray kecil, Batu Lima, Frewen Bonday sampai puas.
Eh, jangan lupa pakai Sunblock kalau tidak ingin Gosong.
Teluk Kabui
DAY 4
Bird Wachingdi Saporkren, lokasinya masih baru dan dikelola oleh Pak Orgenes Dimara (081247071594), ada sekitar 20an burung Cendrawasih disana. Per orang tarifnya Rp. 100.000 bisa dijemput di Saleo atau di ujung desa Saporkren.
Dijemput pukul 5 pagi dari Saloe langsung trekking setengah jam lebih menuju lokasi untuk melihat Cendarawasinya, jalannya menanjak jadi siapkan fisik dan jangan pakai high heels. Selain bird watching kita juga diajak ke lokasi di dekatnya yang bisa melihat pemandangan laut dan pulau-pulau disekitarnya, sudah dibuatkan tempat untuk istirahat diatas pohon. Paling enak kalau sambil menikmati sarapan disini.
Setelah dari bird watching bisa langsung menjelahi desa Saporkren kalau ingin melihat kehidupan masyarakat Papua, yang paling keren adalah dermaga di ujung dimana Ibu-ibunya banyak yang memancing ikan.
Setelah dari saporkren dan beristirahat sebentar bisa langsung menuju Pantai Waiwo yang tidak jauh dari Saleo, dan bisa snorkeling di sana sampai puas diantara ikan-ikanya di dekat dermaga.
Sorenya bisa kembali ke Waisai kalau ingin penginapan atau tetap di Saleo.
Desa Saporkren
DAY 5
Island Hopping Pulau Mansuar dan Sekitanya.
Bisa start dari Saleo atau Waisai, sewa Long Boat paling mahal Rp. 1.000.000 atau saya kemaren dapat paling murah Rp. 400 000 tapi start dari Pulau Saonek BBM  di tanggung sendiri (Pak Mukhsin, 082198667396).
Di Pulau Mansuar inilah bermarkas Papua Diving yang pertama kali memperkenalkan keindahan Raja Ampat, namun sayangnya selain tamu terlarang untuk masuk kesini, sama halnya seperti Onemobaa di Wakatobi. Selain Pulau Mansuar ada pulau-pulau kecil sekitarnya yang bisa disinggahi seperti Saonek, Saonek Bonday, Miospun, Keruipiah, dan Pulau Kelelawar.
Sorenya bisa langsung balik ke Wiageo.
Pantai di Pulau Saonek
DAY 6
Explore Wayag.
Kepulauan Wayag yang menjadi icon Raja Ampat  merupakan destinasi yang paling indah dan Paling Mahal, untuk Speedboat kapasitas sampai 10 orang sewanya Paling murah Rp. 8.000.000 (Pak Said, 081344390768)dan kalau terpaksa bisa juga pakai Longboat untuk 5 orang Rp. 4.000.000 (Pak Ongen, 081344067712). Perjalanan memakan waktu sekitar 3-4 jam dan speedboat menghabiskan 4 drum bensin.
Supaya lebih murah bisa mencari barengan wisatawan lain atau ke pelabuhan Speedboat di seberang pelabuhan Fery kemudian minta gabung kalau ada orang yang mau ke Wayag.
Jangan lupa untuk membeli Pin seharga Rp. 250.000 yang berlaku setahun sebelum ke Wayag karena ibarat tiket masuk ke kawasan itu.

DAY 7
Kalau masih ada waktu Teluk Mayalibit juga menarik untuk dikunjungi, kesana bisa naik motor sekitar 1,5 jam, dapat bonus di pinggir jalan ada Air terjun yang lumayan bagus. Lalu sesampainya di desa nyari penduduk yang punya kapal untuk keliling, bisa mencari Syafei saya kemaren cuma diminta ngisi bensin 5 liter namun beri buat uang rokok sebagai tanda terima kasih. Untuk sewa motor bisa menghubungi Sini (). Atau bisa juga sewa kapal dari waisai namun lumayan mahal.
Kalau tak punya waktu lagi bisa langsung balik ke Sorong, kapal menuju Sorong sama seperti ketika datang, juga berangkat pukul 14.00 siang.
Teluk Mayalibit
DAY 8
Sebelum balik ke Kota asal bisa keliling dulu di Sorong, untuk beli souvenir di daerah Puncak Arfak lumayan murah daripada di Waisai. Atau sekedar menikmati kuliner khas seperti Papeda bisa kita lakukan di Sorong.
And the last balik ke tempat asal dan kembali bekerja untuk jalan-jalan lagi. 

Rancangan di atas hanyalah gambaran besar buat teman-teman yang ingin menjelajahi Raja Ampat, berdasarkan harga-harga yang telah saya cantumkan diatas teman-teman bisa menghitung rancangan pengeluaran sebelum berangkat ke Papua Barat, jangan lupa hunting tiket promo jauh-jauh hari sebelumnya. Dan  yang pastinya ikuti kemanapun kaki melangkah di bumi Indonesia.
Tips tambahan sudah saya tulis di postingan sebelumnya (link).
Foto-foto perjalanan saya kemaren bisa dilihat disini.

Happy Responsible Travel!

Tulisan ini bermanfaat? Mari dukung blog ini dalam event Skyscanner Bloscars Travel Awards 2014 dengan memberikan suara agar  tetap semangat membagikan tips dan cerita perjalanan bagi teman-teman pejalan sekalian.  Caranya  buka halaman ini (link)dan tinggal klik tombol pilih dan masukan email. Terima Kasih...Vote Me...

Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

27 komentar :

  1. noted, sapa tahu nanti ada rezeki :D

    BalasHapus
  2. wuahhh....
    ngiri bgt aku baca ceritamu, ndra...

    BalasHapus
  3. chaerul:iyaaah deket juga tinggal nyebrang..hahaha

    BalasHapus
  4. fahmi: pasti bsa bro...tuhan bersama backpacker..:-)

    nuqee: eh,ceritanya masih blum d tulis loh...hehehe..seru juga tuh ke togean ama pcrnya...;-)

    BalasHapus
  5. Informasi yang sangat positif dan bermanfaat

    mohon ijin share mas Indra :)

    www.forumku.com

    BalasHapus
  6. monggo mas...asal d cantumkan sumbernya ya..:-)

    BalasHapus
  7. Kumplit banget gan info nya - makyoss

    BalasHapus
  8. klo backpakeran sendiri atau berdua kesana gimana bang indra???
    memungkinkan ga klo dengan budget sendal jepit??
    coz insyaallah brangkat kesana jika memungkinkan...
    mohon bantuannya bang..
    thanx

    BalasHapus
  9. mungkin aja mas/mbak...q kmren k sna jga sendiri,cuma bnyak pngluaran d sewa perahu...klo lg musim rame bsa aja kyak y nyari barengan...

    BalasHapus
  10. catpernya masih anget hehehe....

    sangat membantu dan ijin share pasti aku cantumkan sumbernya ;)

    BalasHapus
  11. silahkan mas...dengan senang hati...di backlink k blog ini yaa...;-)
    untuk caypernya sebgian masih d tulis..hee

    BalasHapus
  12. tengkyu berat bang indra tips nya berguna bgt...
    tgl 20-25 nov 12 kmrn aku brangkat ke raja ampat, tp cm 2 hr di raja ampat coz sempat terkapar 2 hari di hotel wkt di sorong krn sblm nya aku ke jogja 4 hr ^^

    sempat ketemu dgn ka Inyong dan kluarga di pulau DOOM, bapa ahmat Yau di saleo, Bapa orgenes dan para bird of paradise di saporkren, sempet dapet gratisan jg loh ke teluk kabui... ^^

    meskipum belom sampe wayag, tp niat balik lg kok kesana.. :p

    backpaker sendiri okeh jg! emang allah slalu bersama para backpaker..

    BalasHapus
  13. hehe..benar banget..tuhan selalu melindungi perjalanan kita..:-)

    BalasHapus
  14. halo, salam kenal.
    boleh minta nomor contact nya pak sudirman?
    makasih :)

    BalasHapus
  15. salam kebnal juga...kirimin email mu ke kambehai@gmail.com ya..

    BalasHapus
  16. nice trip .. insya ALLAH cuti taon depan mau ke sana ..

    BalasHapus
  17. kerenn..
    Insya ALLAH OKt Kesana .. blog nya bermanfaat banget bang

    BalasHapus
  18. Makasih mbak...jangan sungkan untuk bertanya..

    BalasHapus
  19. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  20. terimaksih nama saya sudah di expose keluar, dan alhamdulillah banyak yg telpon.by pak alwi

    BalasHapus
  21. kapan kapan main kesini lagi ya,,,,,banyak yang berubah dan tentunya lebih menarik. ingat SAIL RAJA AMPAT tanggal 23 Agustus 2014 wisatawan sedunia akan hadir disini.meriahhhhhhhhh pokoknya.jangan sampai ketinggalan by Pak Alwi Raja Ampat

    BalasHapus
  22. Berapa total kos ke sana?

    BalasHapus