Tips Backpacking ke Pulau Komodo

Sejak dinobatkan menjadi New Seven Wonder of Nature Taman Nasional Komodo semakin banyak dikunjungi oleh wisatawan, baik itu oleh wisatawan local maupun mancanegara. Disini kita akan berbagi sedikit tips bagi teman-teman backpacker yang ingin melihat salah satu hewan Purba yang masih bertahan tersebut. Tanpa banyak omong here we go..:

  • Taman Nasional Komodo berada di Kabupaten Manggarai Barat Provinsi Nusa Tenggara Barat, jadi untuk mengunjunginya kita terlebih dahulu menuju Kota Labuan Bajo sebagai meeting Point
  • Ada beberapa maskapai penerbangan yang melayani penerbangan menuju Labuan Bajo dari Denpasar, selain lewat udara juga bisa naik Bus dengan Rute Kota Asal-Mataram-Bima-Labuan Bajo. Bisa juga naik kapal pelni selama 3-5 hari dan turun di Bima atau Labuan Bajo.
  • Kalau punya banyak waktu bisa menumpang Truk-Truk besar yang menuju Flores.
  • Sebelum ke Pulau Komodo kita bisa menginap di Labuan Bajo terlebih dahulu, ada banyak penginapan Murah di sekitar pelabuhan Fery.
  • Banyak agen perjalanan yang membuka trip ke Taman Nasional Komodo di sepanjang Jl. Soekarno Hatta, dari yang harian sampai 3 hari tergantung kebutuhan. Bandingkan harga agen yang satu dengan yang lainnya. Waktu terbaik untuk bertanya adalah sore dan malam hari sehingga adanda bisa bergabung dengan yang lain untuk sharing cost.
  • Apabila anda datang dengan rombongan bisa langsung mencari kapal untuk sailing trip di pelabuhan Pelni.
  • Bagi yang mau diving bisa bergabung dengan Dive trip yang biasanya diadakan oleh Dive Center yang berjejer disepanjang jalan.
  • Bagi yang Cuma mau melihat Komodo bisa dengan one day trip menuju pulau rinca yang lebih dekat dari Pulau Komodo, kedua pulau ini merupakan populasi terbanyak Komodo yang sering dikunjungi wisatawan, masing-masing juga mempunyai keunikan tersendiri.
  • Selain bertemu dengan si Komo keindahan bawah laut Taman Nasional Komodo juga merupakan salah satu dive spot yang terindah di Dunia, jadi sayang kalau Pulau Komodo Cuma untuk liat kadal raksasa ini tanpa menikmati keindahan pantai dan bawah lautnya seperti Pantai Pink yang terkenal.
  • Untuk tempat makan murah ada di Pasar Labuan Bajo, setiap pagi juga ada yang menjual nasi bungkus.


Bagi yang merasa sailing trip masih terlalu mahal bisa mencoba alternative lain yaitu:
  • Ikut kapal nelayan atau penduduk desa Komodo yang pulang belanja dari pasar Labuan Bajo.
  • Kapal berangkat pagi-pagi jadi jangan sampai ketinggalan.
  • Di Desa Komodo bisa meninap di rumah penduduk karena tidak ada penginapan disana
  • Kemudian dari Desa komodo bisa ikut penduduk yang berjualan di Loh Liang untuk eksplore Pulau Komodo.
Demikian sedikit tips yang bisa kita bagikan semoga berguna bagi teman teman backpacker yang ingin mengunjungi Taman Nasional Komodo Ini. Ada tambahan?

Bagi yang gak mau repot bisa gabung dengan open trip gabungan untuk menghemat biaya. Baca:[Open Trip] Explore Komodo Sailing Trip 3H2M.


Happy Responsible Travel!
Indra Setiawan (@bpborneo)
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

11 komentar :

  1. mantap bang infonya...

    BalasHapus
  2. Okeh, tahun depan fix nih ketemu si komo. Perkiraan budget berapa gan?

    BalasHapus
  3. @arga:tergantung maunya gimana...hee q kemaren 3 juta dapet udah keliling jawa sampe flores dari kalimantan...:-)

    BalasHapus
  4. Salah satu impian saya... kapan bisa menginjakkan kaki di pulau Komodo.... ? *insyaallah tercapai* amiin..
    info'nya bagus dingsanak'ae... :)

    BalasHapus
  5. amiiin....mun ada kmayan pasti kawa jua kasana...
    makasih jua dingsanak...;-)

    BalasHapus
  6. mei tahun ini saya rencana ke pulau komodo.. saya tinggal di kota Bima -NTB. bagi yang berminat join silakan inbox di my facebook. (abank pay)

    BalasHapus
  7. mas, izin tanya dong. kalau ikut kapal nelayan/penduduk desa bisa eksplore ke tempat-tempat lain kaya p. rinca, pantai merah, kanawa, p, kalong, dll ga? trims.

    BalasHapus
  8. makasih Mas Indra Setiawan atas info nya, perkiraan butuh budget brp ya klo mw ke pulau Komodo, pulau Rinca, Pantai Pink sama ke Dusun Wae Rebo

    BalasHapus
  9. makasih Mas Indra Setiawan atas info nya, perkiraan butuh budget brp ya klo mw ke pulau Komodo, pulau Rinca, Pantai Pink sama ke Dusun Wae Rebo

    BalasHapus