Top 5 Travel Blog Indonesia

             Tak terasa ternyata sudah hampir 4 tahun saya ngeblog walaupun kadang ada juga vakumnyadan mulai serius dengan tema travel blog sejak Februari 2012 kalau melihat artikel pertama di blog ini, walaupun sebenarnya sebagian diekspor dari blog yang satunya yaitu naraituh.blogspot.com. Blog lama ini hanya saya khususkan untuk wisata di Kalimantan Tengah dan Kalimantan Selatan. Nah,karena ingin melebarkan sayap ke Provinsi lain yang makanya saya buat blog yang satu ini yang awalnya bernama ranselnaraituh.blogspot.com dan ketika berganti dengan domain sendiri berubah menjadi www.backpackerborneo.com. Eh, kok kebanyakan ngomongin tentang blog ini ya??
               Oke kita kembali ke pokok bahasan. Seiring dengan meningkatnya gairah pertravelingan di Indonesia tentunya banyak juga teman-teman pejalan (termasuk saya J) yang berbagi kisah perjalanan, tips maupun cara untuk menggapai destinasi tersebut. Semangat berbagi ini lah yang patut kita apsesiasi sehingga membantu Pariwisata Indonesia makin dikenal baik itu di mata Dunia maupun warga Indonesia itu sendiri.
Nah, dalam rangka merayakan 3 tahun blog ini kali ini Backpacker Borneo mau membahas 5 tavel blog Indonesia yang menurut saya memang pantas disebut sebagai Top Travel blog selama tahun 2012. Kriteria penilaian sendiri sebenarnya tidaklah terlalu rumit, selain isinya yang enak dibaca serta foto-fotonya yang bikin mata jadi “biru” juga keaktifan mereka menulis selama ini.
              Nah langsung saja, Mereka adalah…jreeng…jreeng.. #lebay ah

www.traveljunkieindonesia.com
Travel blog ini adalah salah satu travel blog Indonesia yang sudah go Internasional, paparan singkat Bowo Hartanto dalam blognya yang berbahasa Inggris memudahkan pembaca dari seluruh dunia untuk memgetahui informasi lebih banyak tentang Indonesia. Banyak award yang didapat oleh blog ini bahkan juga diundang menjadi pembicara di berbagai talkshow dan seminar tentang travel blogging.
Salah satu kutipan yang saya suka adalah “As Indonesian Travel Bloggers, we are ambassadors that introduce and promote these different corners and cultures to other member of the family, ae well as to the rest of the world”.
Penulis buku Nomadic, Bali adalah Negara Saya dan The Journeys 2: Cerita Bahasa dari Tanah Air Beta ini juga merupakan salah satu pendiri Indonesian Travel Bloggers bersama Bekabuluh dan Tale About Nomad, Backpacker Borneo juga sempat menjadi admin sementara di Facebook dan Twitter ITB selama kesibukan mereka jalan-jalan gratis ke Pert.

www.whateverbackpacker.com
 Saya kenal dengan Backpacker Gembel ini sejak masih sangat aktif di forum Backpackerindonesia.com. yang bikin betah baca blognya adalah isinya yang dia bilang bergendre “Komedi” ini bikin kita ngakak ato malah tersenyum sendiri. Tips-tips perjalanan bahkan tips untuk menjadi seorang travel writer yang beda ditulis dengan dengan gaya khasnya sendiri.
Desain blog ini juga bisa dibilang unik, dengan pedenya dia memajang fotonya yang udah diedit dengan kumis ala pendekar kung fu sebagai background blog, entah ada atau tidak pembaca yang muntah habis liat kepala itu hehe…(Becanda yeee)
Adis, Penulis blog ini adalah orang yang nekad untuk mengikuti passionnya dalam dunia backpacker bahkan sampai berhenti kuliah (Tapi sekarang udah balik kuliah lagi mungkin nyesel J). Namun dengan mengikuti passion tadi dia bisa jalan-jalan gratis menjadi Petualang ACI dan Indonesian Traveler, bahkan menerbitkan buku secara indie pula.

www.wiranurmansyah.com
Yang satu ini saya paling suka dengan hasil jepretannya yang bisa dibilang pro dalam merekam keindahan Nusantara. Kadang kita sebagai pembaca seolah disuruh untuk membuat cerita kita sendiri tentang foto yang dia tampilkan di blognya, hanya sedikit teks dan sisanya foto yang bercerita.
 Tak hanya itu, tulisannya juga enak untuk dibaca, tak hanya melulu bercerita tentang keindahan,  tapi juga sebagai responsible traveler yang tidak cuma “See and go”. Seperti bagaimana dia menuliskan tentang seorang Guide di Gunung Semeru yang tidak ingin disebut sebagai Kuncen Semeru.
Nama blog yang sama dengan nama pemiliknya ini selain menuliskankan tips tentang backpacking juga membuat beberapa tips bagaimana cara mengambil foto seperti 15 Tips Fotografi Landscape, tak salah memang dia terpilih sebagai Agen Fotografer dalam Indonesian Traveler.

www.lostpacker.com
Tulisan perjalanan atau artikel wisata akan terasa kehilangan rohnya ketika tidak dilengkapi foto-foto tentang destinasi tersebut, nah dalam blognya Sutiknyo ini menurut saya salah satu contoh perpaduan sempurna antara tulisan yang mendalam dengan foto yang indah.
Selain dengan foto Lospacker.com juga bercerita dengan video, sehingga pembaca benar-benar bisa melihat dan merasakan tentang tulisannya seakan-akan berada di tempat walau hanya membaca melalui blog ini saja.
Beberapa waktu lalu blog ini juga menunjukan keseriusannya di dalan travel blog dengan memakai domain sendiri serta dengan logo dan header baru dengan slogan Lost, Shoot & Share. Walaupun saya sendiri sebenarnya lebih suka dengan header yang terdahulu yaitu birunya Pulau Kanawa yang membuat mata betah untuk memandangnya.
Tak salah memang jikalau tulisan pencinta pantai sepi ini sering menghiasi halaman-halaman Majalah Nasional di Indonesia. Moto nya adalah pesan kakek nya yaitu  "Jadilan pejalan dan belajarlah dari perjalanan itu"

marischkaprudence.blogspot.com
Tulisan Traveler cantik ini memang patut untuk dikunjungi, walau dengan theme yang sangat sederhana namun membaca tulisan dan foto di blog ini membuat kita ingin segera mendatangi tempat yang ditulisnya, pengalamannya sebagai presenter membuat tulisan-tulisan di blog ini terasa beda.
 Marischka Prudence yang sebelumnya adalah Jurnalis Hard News seperti Politik, Bencana, dll kemudian setelah membawakan acara traveling sehingga dia jatuhh cinta dengan dunia Traveling. Dan akhirnya fokus menulis, fokus blogging, fokus bercerita mengenai perjalanannya.
“Saya akhirnya dari terpeleset, menjadi benar benar masuk di dunia traveling. Saya full time didedikasikan untuk program travel. Saya ingat ada teman kantor yang bilang "sayang skill kamu jadi ga dipake, hanya untuk program ha ha hi hi," ah namun saya tidak perduli, saya terlalu dibuai keasikan dunia baru ini dan hanya tersenyum "I enjoy it so much," ungkap Prudence di dalam blognya.

                  Sekali lagi ini hanya penilaian pribadi dari Backpacker Borneo, sebenarnya masih banyak Travel Blog bagus dan lebih berkualitan di luar sana, seperti teman-teman yang tergabung dalam komunitas Celoteh Backpacker dan Indonesian Travel Blogger. Blog saya sendiri sebenarnya jauh dari bagus bahkan masih bisa dibilang “tidak begitu terkenal” di dunia travel blog, namun dengan tulisan ini mudah-mudah bisa membuat teman-teman travel blogger dan saya sendiri khususnya untuk terus menulis dan menceritakan kendahan Indonesia kepada Dunia.


Happy Responsible Travel!
Indra Setiawan (@bpborneo)
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

52 komentar :

  1. PERTAMAAAAAAAAAAAAAAAAX!! Waaaaaaaaaaaaah terima kasih sudah memasukan si gembel backpacker ini menjadi 5 blog terkeren cetar membahana (bikin julukan sendiri) Muahahhaa... sekali lagi, makasih apresiasinya bro Indra :D

    BalasHapus
  2. @adis:: hahaha...coba Syahrini punya travel blog juga, pasti dia yang punya julukan itu "blog terkeren cetar membahana badai" hahaha

    BalasHapus
  3. iya, terus postingannya cara bedakan yang baik dan benar. pfftt~

    BalasHapus
  4. blog yang kedua itu favorit ane, soalnya tulisannya humoris dan ringan dibaca.

    BalasHapus
  5. haha...emang tulisan y kadang gila...eh,jangan2 org juga....haha
    tu di atas orangnya....:-)

    BalasHapus
  6. keren semua itu travel blognya.. pokoknya favorit saya semua hehe..

    BalasHapus
  7. yo i...klo gak kren gak dimasukin sini...hahahaha

    BalasHapus
  8. Wiih keren-keren semua blognya, apalagi punya si Adis, selalu pengen banting monitor setiap kali baca, konyol abis =))

    BalasHapus
  9. hahaha..bahaya kalo gitu blognya..bisa bikin rusak mmonitor..

    BalasHapus
  10. 2 orang teman semasa sma & kuliah yg skrg jd traveller.. bowo & icha..
    iriii bangett tiap liat foto jalan2nya mrekaa..

    BalasHapus
  11. ayo jalan2 juga klo gitu...jangan mau kalah ama mereka..heee

    BalasHapus
  12. semoga blog saya suatu saat bisa masuk 5 besar :)

    BalasHapus
  13. Amiiin...tpi di atas hanya versi saya loh..hee

    BalasHapus
  14. iya donk...orang aneh harus ada...hahahaa

    BalasHapus
  15. Saya paling suka blog-nya Bang Wiraaaa malah... :D Foto-fotonya bagus-bagus juga soalnya... :') #terharu

    BalasHapus
  16. itu dia kelebihannya....liatin fotonya kangsung bikin ngiler mau ke sana juga...

    BalasHapus
  17. Memang kalalu membahas Pariwisata Indonesia tidak akan pernah ada habisnya... sebab indonesia adalah negara yang di ciptakan sebagai pusat pariwisata dunia...

    BalasHapus
  18. Hi! Indra I love your travel experience through your blog information..I also love travel though bike. Please share some info during travel obstacles its will help us to avoid these obstacles.. :)

    BalasHapus
  19. Sekarang bikin top 10 travel blog-nya juga donk :)

    BalasHapus
  20. info yang menarik sekali untuk rujukan traveler di indonesia.....
    demikian juga http://jagad.co.id juga ingin menjadi salah satu rujukan bagi para traveler untuk memilih kendaraan baik travel dan rental mobil yang aman dan nyaman.

    BalasHapus
  21. info menarik nih, patut ditelusuri juga... matur sembah nuwun...

    BalasHapus
  22. blognya kak wira memang ok banget ya. apalagi foto2nya. ngiler waktu melihat setiap bidikan kameranya

    BalasHapus
  23. sangat informatif gann
    salam kenal dari kami :)

    BalasHapus
  24. wah keren ya blognya, sukses selalu. Salam dari HOMY Hotel Surabaya. apabila bepergian ke surabaya, bisa berkunjung ke tempat kami.

    BalasHapus
  25. salam kenal backpacker dari borneo, kemarin2 waktu saya ke kalimantan, susahnya nyari komunitas backpacker dari kalimantan. udah pulang ke jakarata, ehhh...nemu blog ini...:)

    BalasHapus
  26. wah thanks infonya, sangat berguna untuk orang" yang mau "memulai" berbackpaker ria :D
    ga lengkap rasanya klo belum dapet penginapan murah untuk backpacker, silahkan kunjungi website kami untuk melihat hotel" murah, sangat terjangkau :)

    BalasHapus
  27. Blog favoritnya keren-keren, Mas Indra. Sangat menginspirasi.
    Backpackerborneo bikin addicted. jadi pengen ke Kalimantan.... :-)



    BalasHapus
  28. Menarik sekali. Terimakasih informasi-nya.

    BalasHapus
  29. kerennnn postingannya :D
    baca cerita tentang euro trip disini yuk http://enjoybackpacker.blogspot.com/
    salam kenal ;)

    BalasHapus
  30. Life is an Absurd Journey salah satu blog favorit ane nih :D
    jadi pngn jalan2 keliling indonesia

    BalasHapus
  31. Rekomendasi "hardcore traveler" https://ginting.wordpress.com/about/

    BalasHapus
  32. Luar biasa pengalamannya mas terimakasih sudah mau berbagi Tuhan memberkati, indonesia it's not perfect but indonesia it's awesome ( Thanks God I'm Indonesian)

    http://berduakelilingindonesia.blogspot.com/

    BalasHapus
  33. Aku udah pernah kunjungin semua dan semuanya punya ciri khas masing-masing, semuanya keren, apalagi dokumentasinya

    BalasHapus
  34. Wah om sutilno dimana mana setelah vidio ke flores itu membumi

    BalasHapus
  35. wah bagus ni buat refrensi jadi backpacker :D

    BalasHapus
  36. Luar biasa pengalaman nya mas , terimakasih telah berbagi

    BalasHapus
  37. ow baru tahu kalau penulis buku Bali adalah Negara Saya dan The Journeys 2: Cerita Bahasa dari Tanah Air Beta ini adalah pendiri backpaker indonesia, keren deh

    BalasHapus
  38. Another travel blog http://informasipanduanwisata.blogspot.com/

    BalasHapus
  39. Harus sedikit bersabar dan tetap berusaha?terima kasih atas informasinya

    BalasHapus
  40. Brusan dari Borneo, East Kalimantan, visiting Derawan, masih pengn lagi, kmaren masih kurang...masih punya utang ke bidu2, ada tips ke bidu2 nggak agan2...?

    BalasHapus
  41. Dear. All,
    I would like also to introducing about sulawesi, one of beautiful island in indonesia / www.sulawesitur.blogspot.com

    BalasHapus
  42. thx yah referensinya. sekarang jd tau banyak blog untuk cerita2 perjalanan traveling

    BalasHapus
  43. I like the article, btw tanjung puting is recommended to travel!

    BalasHapus
  44. Terima kasih referensi min.
    Bisa nmbah" ladang bacaan, khususnya ttg jln". 😁

    BalasHapus
  45. Yay :D jadi tammbah seru nih kalo baca baca blogger cwek jalan jalan

    BalasHapus