Tips Backpacking ke Taman Nasional Tanjung Puting

Setelah pulang dari amazing trip Taman Nasional TanjungPuting (TNTP) minggu lalu Backpacker Borneo kembali akan berbagi tips bagi teman-teman yang ingin melihat langsung  Orangutan semi liar di habitat aslinya. Tak hanya Orangutan, tempat ini juga menjadi kerajaannya berbagai monyet langka salah satunya Bekantan serta berbagai tumbuhan yang hanya bisa ditemukan di hutan Borneo.


Cara Menuju Tanjung Puting.

Taman Nasional Tanjung Puting berada di Kecamatan Kumai, Kabupaten Kotawaringin Barat dengan ibu kota Pangkalan Bun, Kalimantan Tengah. Untuk menuju Pangkalan Bun ada beberapa cara;
Dari Jakarta, Semarang atau Surabaya ada maskapai Kalstar dan Trigana Air yang menuju Bandara Iskandar Pangkalan Bun. Tarif sekali penerbangan berkisar dari Rp. 500.000 sampai 1 jutaan tergantung musim. Dan kabar baiknya tak lama lagi Lion Air juga akan membuka rute menuju Pangkalan Bun.
Bagi yang ingin lebih murah bisa mengambil penerbangan menuju Banjarmasin atau Palangkaraya kemudian melanjutkan perjalanan dengan bus.
Bagi yang di Kalimantan start dari Kota Banjarmasin bisa naik bus jurusan Palangkaraya terlebih dahulu atau yang langsung menuju Pangkalan Bun, bus dari Banjarmasin berangkat pagi menuju Palangkaraya kemudian dilanjutkan sore harinya pukul 4 atau pagi hari pukul 7 dari Palangkaraya menuju Pangkalan Bun.
Ada beberapa PO bus yang melayani trayek Palangkaraya-Pangkalan Bun seperti PO Yessoe dan Logos, ada pilihan bus eksekutif dengan tarif sekitar Rp. 120.000 dan ekonomi dengan tarif dibawah  Rp. 90.000.
Dari Pangkalan Bun menuju Kumai bisa naik Taksi (Sekitar Rp. 160.000), Ojek (Rp. 25.000-40.000) dan angkot (Rp. 5.000).
Juga ada Kapal Pelni yang langsung menuju Pelabuhan Kumai dari Surabaya dan Semarang, biasanya berangkat 2 kali dalam satu minggu, untuk memastikan jadwalnya bisa langsung menghubungi Pelni.
Bagaimana di Tanjung Puting?

Perjalanan menyusuri Taman Nasional Tanjung Puting harus menggunakan Kapal (biasa disebut kelotok oleh masyarakat di Kalimantan) selama beberapa hari di sana kita terus hidup di atas kapal dari mandi, makan dan tidur semuanya dilakukan diatas kapal.
Untuk itulah setiap kelotok dilengkapi oleh fasilitas yang lengkap dari kasur, kelambu, meja makan sampai dengan toilet yang dilengkapi dengan shower. Karena itu sewanyapun bisa dibilang mahal bagi kantong para backpacker, dan caranya berhemat tentu saja dengan mencari teman sebanyak-banyaknya sehingga bisa sharing biaya sewa kapal.
Sebaiknya kapal yang akan digunakan dipesan jauh-jauh hari sebelumnya karena pada peak season kapal wisata yang berjumlah sekitar  50 buah akan berangkat semua. Tarif sewa kapal tergantung dengan besarnya kapal dan lamanya perjalanan ke dalam kawasan Taman Nasional dari Rp. 1.250.000 sampai Rp. 2.000.000 per hari, ada juga yang menyewakan dengan paket perorang RP. 1.750.000 untuk tiga hari untuk minimal 4 orang.
Bagi wisatawan yang masuk ke Taman Nasional Tanjung Puting wajib didampingi oleh seorang Guide. Biasanya bagi yang menyewa kapal dengan paket all in sudah dilengkapi dengan biaya guide, makan dan tiket masuk.

Tidak Mau Repot?

Bagi yang tidak mau repot menyusun tetek bengek rencana percananan saya sarankan untuk bergabung dengan paket tour yang murah, karena kalau cuma sendiri atau satu orang pastinya kemahalan untuk menanggung biaya sewa kelotok yang akan dipakai.
Bagi yang butuh paket tour ke Tanjung Puting silahkan klik di sini (link).


Penting Untuk Diketahui.

  • Bagi yang tak punya banyak waktu juga bisa menyewa speedboad dari Kumai berangkat dipagi hari dan pulang sore hari.
  • Jangan lupa membeli tiket masuk di kantor Taman Nasional di Kumai sebelum masuk, nantinya akan ada tambahan biaya camera, parkir kapal dll.
  • Pintu masuk Tanjung Puting dari Sungai Kumai kemudian masuk ke Sungai Sekoyer dan Sungai Lakey yang berair hitam, dan berbuaya tentunya.
  • Wisatawan yang mau trekking ke hutan wajib didampingi oleh guide.
  • Ada tiga camp yang biasanya tempat untuk melihat Orangutan pada waktu jam feeding yaitu di Camp Tanjung Harapan, Pondok Tanggi dan Camp Lakey.
  • Jam feeding di Camp Tanjung Harapan pukul 14.00, di Camp Pondok Tanggi  pukul 9.00 dan di Camp Lakey pukul 14.00. Oh ya, kawasan TNTP  masuk dalam dua zona waktu yaitu WIB dan WITA.
  • Taman Nasional Tanjung Puting merupakan pusat konservasi dan penelitian Orangutan terbesar di Seluruh Dunia.
  • Bicarakan rute yang mana yang terlebih dulu dikunjungi dengan guide anda agar tidak membuang-buang waktu.
  • Belilah souvenir  di Desa Tanjung Harapan karena koperasi souvenir shopnya dikelola oleh masyaraka setempat.
  • Bawalah anti nyamuk  karena khusunya di Tanjung Harapan akan banyak nyamuk yang menemani ketika trakking.
  • Terakhir jangan lupa baca peraturan ini sebelumnya (Rules in Tanjung Puting National Park)
Demikian sedikit tips bagi teman-teman backpackers yang ingin mengunjungi Taman Nasional Tanjung Puting, dan karena keunikannya tempat ini harus masuk kedalam salah satu tempat yang harus anda kunjungi di Kalimantan.

Happy Responsible Travel!
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

56 komentar :

  1. Wah, postingan baru-baru nih...
    Mas Indra, saya mau tanya nih, kalau dari Sumatra ke Tanjung Puting enaknya darimana yah biar langsung ke Kumai....
    saya agak2 bingung. trims :)

    BalasHapus
  2. ke jakarta trus baru ke pangkalanbun...nah dari pangkalanbun bisa dibaca diatas..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mas indra. Kalau harga tiket naik klotok dan biaya perjalanan 1 harian tanpa nginap berapaan ya?makasih

      Hapus
    2. Hallo mas indra. Kalau harga tiket naik klotok dan biaya perjalanan 1 harian tanpa nginap berapaan ya?makasih

      Hapus
  3. Belum pernah sampe Tanjung Puting, kapan ya bisa jalan ke sana dan ke tempat tempat keren di swluruh Indonesia lainnya, masak cuman ubek ubek semaraaaaaang tiap harinya... :D

    BalasHapus
  4. Gah pa2 om, yang penting daerah sendiri dulu menguasai baru ke luar...tpi di tunggu juga kedatangannya ke Kalimantan..heee

    BalasHapus
  5. Pangkalan Bun, tempat lahir dan besar saya :D

    BalasHapus
  6. kebetulan nih..udah donk ke sini pasti y...:-)

    BalasHapus
  7. Mas Indra, Info dong rencana tahun depan mao ke kalimantan, suami suka nature and berhubung dia bule kira2 harga di getok ga ya? and masuk tanjung puting da include di harga kapal? sewa satu hari cukup ga ya? dan enaknya dari jakarta langsung palangkaraya or ke banjarmasin? trims ya sebelumnya..

    BalasHapus
  8. untuk harga sewa kapaal sama aja...paling beda di tiket masuk...kalo ambilnya yang paketan dah include semua dari kapal,tiket dan guide...kalo satu hari kurang puas kayaknya..
    dari jakarta langsung ke pangkalanbun aja biar gak repot..

    BalasHapus
  9. nanya lagi nih.. harga paket berapaan ya and untuk berapa lama? kl dari tanjung puting ke banjarmasin gimana nantinya? pengen ke Tanjung puting, banjarmasin, martapura sama loksado, satu minggu cukup ga ya?

    BalasHapus
  10. om kalo bawa anak usia 2 tahun recommend ga ya ke tanjung puting?

    BalasHapus
  11. @chatryn: dari tanjung puting ke Banjarmasin enaknya pake bis aja...tpi bisa juga naek pesawat..sempat ko kayaknya mbak,,,nih yg kalsel:http://www.backpackerborneo.com/2012/02/itinerary-backpacking-di-kalimantan.html

    @IWA: iya recomended kaka...bagus tuh buat edukasi si kecil..:-)

    BalasHapus
  12. wah thanks buat info nya...

    BalasHapus
  13. Tambahan buat mbak Chatryn: untuk tour 1 hari harga klotok mulai 1,3jt - 2jt, untuk tour 2 hari harga klotok mulai 750rb-1,2jt / harinya dan untuk tour 3 hari - seterusnya mulai 600rb - 1jt / hari nya, harga tergantung dari besarnya kapal...

    BalasHapus
  14. Mas Indra, salam kenal dan ingin tanya. Kalau paket Rp. 450.000/orang selama tiga hari kalau misalnya hanya 3 orang biasanya akan digabung rombongan lain atau tetep 3 orang ya? CPnya bisa menghubungi yg terlampir itukan?

    Oh iya, kalau misalnya kesana pas libur Lebaran tetap ada atau pd libur ya? kalau tetep ada apa ada tarif khusus atau tetap tarif regular?

    BalasHapus
  15. Itu udah rmbongan sendiri...lebarab masih adda kok..orang bule gak punya hari lebaran juga..coba aja hub no d atas untuk lebih jelasnya..:-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mas Indra.. Saya ada renc ke tanjung puting jg.. Kebeneran ada info ini. Bole info contact utk sewa kapal? Karena saya cari di atas tidak ada info contact number nya. Thank u

      Hapus
  16. oh..oke, thanks mas infonya. Saya kontak ke CPnya.

    Thanks,
    Yudi

    BalasHapus
  17. Oh iya mas, Nyamuk di TP itu apakah penyebab Malaria dan ada anjuran minum obat anti Malaria sebelum kesana?

    Kedua, soal Bis Banjarmasin - Pangkalan Bun, apakah nyambung (cukup beli tiket di Banjarmasin) atau harus putus dulu di Palangkaraya? Kemudian bisnya apakah nyaman ya, baik kondisi bisnya maupun jalannya (bagus atau semi offroad)?

    Kebetulan Lebaran, 3 - 11 Agustus, ada rencana mau ke TP dari Banjarmasin via Palangkaraya dan sekarang sedang menyusun jadwal dan itenerarynya. Mungkin ada saran, info atau link situs, apa yg disarankan selama di Banjarmasin, Palangkaraya dan Tanjung Puting selama 9 hari.

    Ma'af kalau panjang dan merepotkan, masih agak belum jelas kondisi di 3 tempat itu soalnya.

    Terima kasih
    Yudi

    BalasHapus
  18. - Kayaknya belum pernahdengar soal malaria di sana..so far belum ada annjuran untuk minum obat anti malaria.
    - bisa langsung atau putus-putus, bus y juga ada yang AC atau yang non ac.
    -silahkan cari info di bagian kalsel dan kateng di blog ini..:-)

    BalasHapus
  19. Wah..akhirnya nemu blog backpaker ke Tj.Puting. Pengen banget kesini tapi susahnya ngajakin temen..hiks
    mau tanya mas..kalo saya traveling sendirian, nanti paket kapal dan kunjungan ke taman nasional bisa gabung sama yang lain ngga yah? soalnya kalo nanti hitungannya sendiri pasti cost tinggi banget yah..huehue

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja kayaknya..coba aja tanyain ke yang punya kapal di atas..

      Hapus
  20. okesip..makasih banyak infonya mas :)

    BalasHapus
  21. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  22. Waah ... dari dulu pengen banget ke tanjung puting belum sempat2 ... mas mas tanya .. di semua camp apa orang utan nya masih liar2 semua ... ? dan apa memang gak boleh untuk berinteraksi dengan orang utannya ? kalau kita berinteraksi bahaya kah ?

    Sapa tau di beberapa camp ada beberapa orang utan yang boleh di pegang .. hehe .. lucu soalnya ... pengen ngelus2 .. wkwkwkwk

    Salaam .. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau yang datang masih semi liar..emang udah peraturan gak boleh begitu mas..hehe

      Hapus
  23. Hallo Mas Indra..kami rencana mau ke TP kira kira mungkin 7 orang masalahnya kami maunya berangkat pagi pulang sore jadi seharian maksudnya...kira kira pake paket apa ya? biayanya per orang berapa atau biaya per group berapa?? mohon infonya ya mas biar kami saat di Pangkalanbun bisa patungan masalah harga tersebut, terima kasih loh.

    Salam dari Jerman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biasanya bayar per kapal...bisa langsung di contact kapal yang ada di sana...

      Hapus
    2. makasih gan .. nanti aku telp aja mereka.

      Hapus
  24. kira2 kalau backpacker budget brp kesana semuanya ? terimakasih salam backpacker

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau dari luar dua juta mungkin cukup, bawa aja banyak2 teman biar murah..

      Hapus
  25. wawww, keren infonya. makasih mas infonya, lagi nyusun jadwal dan menuhin celengan untuk kesana?
    paling gak udah ada gambaran dulu sebelum kesana. :)

    BalasHapus
  26. Haloo kak.. salam kenal. Mau tanya dong, kalau paket yg 450rb itu tanya ke CP nya yg mana ya kak? Pak Majid atau Mbak Conni atau bisa siapa saja? Terima kasih :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang Mbak conni, tapi kalo gak salah sekarang udah naik..entah berapa..

      Hapus
    2. Oke deh. Terima kasih gan :))

      Hapus
  27. terima kasih atas infonya, bisa kasih tips buat backpacker perempuan biar bisa traveling tanpa harus khawatir? thanks :)

    BalasHapus
  28. malm mas, saya mau ikut nanya juga ni, saya juga masih bingung naik klotoknya tu dari dermaga kumai/ dari pangkalanbun, saya orang lamandau, tapi masih bingung juga,.
    n kalo bawa mtr nanti di sananya pas mau naik klotok ada pempat penitipan motornya ga,.?

    BalasHapus
  29. saya inikan jarang buka blok mas, boleh nanti kalo balesnya lewat sms, biar lebih gampang nanya,nya. 085735442846, makasih mas,.

    BalasHapus
  30. indraa jd pengen kesini

    BalasHapus
  31. salam kenal salam kenal..........
    ada yg mau ke tanjung puting kah nopember ini? barengan yuk......T_T biar murahhhhh he he

    BalasHapus
    Balasan
    1. ce, udah jadi ke tanjung puting november ini?
      kalau belum barengan yuk bulan desember, tanggal 25 pas libur natal ini

      klo ada yg minat hub 081298279486 yaa

      Hapus
  32. Mas indra thanks infonya..
    Hi all... ada yg mau ke tanjung puting 25 des 2014 ini ga? Rwncananya 3D2N. Smntara masih 2 orang.. sambil.nyari2 paket murah nih.. klo ada yg minat hub 081298279486 yaa

    BalasHapus
  33. ada yang mau ke tanjung puting di januari kah? saya mau join

    BalasHapus
  34. kalo ke borneo Insha Allah menyempatkan ke Tanjung Puting.
    dan saya memiliki keinginan untuk membantu menjaga habitat orang utan, seperti di daerah Tembak Perkebunan sawit membuat habitat orang utan semakin terabaikan.

    Semoga project saya untuk membantu dalam mengumpulkan dana demi kelestarian orang utan bisa tercapai :D

    Salam EnjoyBackpacker

    EnjoyBackpacker.blogspot.com

    BalasHapus
  35. Mas Indra, memungkin kan ngga kalau kita langsung sewa kapal disana? apakah biayanya sudah termasuk makan, tips guide, dll nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo on the spot susah mbak, apalagi kalau sedang high season klotok bisa berangkat semua..sebaiknya jauh2 hari dulu.

      Hapus
    2. Klo on the spot susah mbak, apalagi kalau sedang high season klotok bisa berangkat semua..sebaiknya jauh2 hari dulu.

      Hapus
  36. Halo mas Indra.. Saya ada renc ke tanjung puting jg.. Kebeneran ada info ini. Bole info contact utk sewa kapal? Karena saya cari di atas tidak ada info contact number nya. Thank u

    BalasHapus
  37. Mas Indra, saya ada planning ke balikpapan sama temen, kemungkinan mau ke tj puting. Tapi mau singgah ke pbun aksesnya gimana ya mas? Apa nda ada akses langsung dari balikpapan ke pbun?

    BalasHapus
  38. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  39. permisi, disini ada yang tau kontaknya mbak conni? kemarin saya sempet DP untuk pesan kapal di tanjung puting tapi gajadi. mau minta balik DP-nya tapi nomernya yang lama gabisa dihubungin lagi. ada yang bisa bantu kasih nomer lainnya mbak conni? makasi sebelumnya

    BalasHapus
  40. Halo Mas Indra, bisa email ke rfauzi91@rocketmail.com mengenai CP yang rekomendasi untuk Kapal Klotok :) saya berencana akhir September nanti menyambangi Kalimantan.

    BalasHapus