Tips Snorkeling Untuk Pemula

Sebagian besar  wilayah Indonesia terdiri dari lautan, dan Lautan Indonesia sendiri termasuk dalam pusat  jantung segitiga karang dunia. Jadi sangat disayangkan kita sebagai orang Indonesia  ini tidak dapat menikmati anugerah tuhan yang telah diberikan kepada kita tersebut.

Salah satu untuk menikmati keindahan bawah laut adalah dengan menyelam, atau yang sekarang lebih keren disebut dengan Scuba Diving. Namun untuk Diving dibutuhkan keahlian dan alat-alat khusus, ada kursus yang harus diambil untuk mendapatkan sertifikat diving, itupun bermacam-macam tingkatannya, makin tinggi makin mahal biayanya.
Snorkeling yuk..:-)
Nah, alternatif lain bagi kita para backpacker yang belum mampu untuk mengambil sertifikasi diving atau jarang turun ke laut, cukup dengan snorkeling di permukaan laut. Pengertian Snorkeling menurut Wikipedia adalah “Snorkeling (selam permukaan) atau selam dangkal (skin diving) adalah kegiatan berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel.”

Walaupun untuk melakukan snorkeling tidak butuh kemampuan khusus, bahkan yang tidak bisa berenang juga bisa melakukan kegiatan ini. Namun ada beberapa hal yang harus kita ketahui agar diri kita aman dan lingkungan sekitar juga aman, apalagi bagi yang pertama kali snorkeling.

Sebelum Snorkeling.

  • Ada 3 alat yang dipergunakan untuk snorkeling yaitu Masker, Snorkel, dan Fin. Sedangkan jaket pelampung juga diperlukan untuk keamanan.
  • Sesuaikan masker dengan yang akan digunakan dengan wajah anda, karena penggunaan masker yang tidak tepat akan menyebabkan masuknya air ke dalam masker dan tentunya akan menggangu kenikmatan ketika snorkeling.
Snorkeling gears (Sumber foto)
  • Begitu juga dengan fin atau kaki katak yang akan membatu kita mengayuh di dalam air, harus sesuai dengan ukuran kaki jangan sampai terlalu longgar atau terlalu sesak.
  • Snorkeling itu pada dasarnya cuma memindahkan cara kita menarik nafas, yang sebelumnya dihirup dan dikeluarkan lewat hidung menjadi lewat mulut melalui selang snorkel. Jadi bernafaslah seperti biasa.
  • Sebelum masuk ke laut cobalah beberapa saat untuk bernafas melaui selang snorkel agar terbiasa.
  • Snorkeling bukan cuma bagi yang bisa berenang, yang tidak bisa berenangpun juga bisa menikmati yang penting mengetahui caranya untuk mengayuh dan harus didampingi oleh yang lebih berpengalaman.
  • Pastikan lokasi kita snorkeling ada terumbu karang atau ikannya J
Belajar snorkeling
Saatnya untuk masuk ke dalam laut.

  • Jangan gugup (apalagi kalau yang ngajarinya ganteng kayak admin)
  • Pakailah baju yang berwarna cerah agar terlihat (ketika berfoto), bagi yang tidak tahan dingin  bisa dengan memakai wetsuit yang biasanya disewakan di tempat penyewaan.
  • Cobalah untuk di daerah dangkal sebelum masuk ke daerah yang berkarang sampai mulai terbiasa dengan peralatan yang ada.
  • Lihatlah kondisi laut lokasi snorkeling kita,seperti suhu air, gelombang dan terutama arah arusnya. Masuklah ke air darimana arus mulai mengalir dan jangan melawan arus agar tidak capek.
  • Bagi yang pertama kali memakai fin biasanya akan tidak nyaman dengan alat bantu tersebut, namun ketika terbiasa maka akan lebih mudah ketika untuk membantu pergerakan di dalam air.
Pastikan alat sudah nyaman dipakai
  • Kenalilah beberapa ikan dan binatang yang berbahaya didalam laut, jangan sampai kesenangan berubah menjadi bencana karena ketidaktahuan kita.
  • Sesekali tengoklah ke atas jangan sampai terlalu terlena oleh keindahan, lihatlah arah anda jangan sampai tertabrak perahu atau terlalu jauh terpisah dari rombongan.
  • Oleskan sabun cair atau pasta gigi untuk memcegah pengembunan di masker.
  • Apabila terlalnjur berembun cara membersihkannya adalah masukan sedikit air ke dalam masker kemudian goyang-goyangkan air tersebut di kacanya, setelah bersih keluarkan air dengan cara menekan di bagian atas masker kemudian hebuskan udara dengan keras melalui hidung.
  • Apabila air masuk ke dalam selang snorkel maka hembuskan udara melalui mulut agar airnya keluar. Jangan diminum, gak enak bro.
  • Kalau sudah mahir cobalah untuk menyelam lebih dalam dengan cara menahan nafas atau yang lebih kerennya yang disebut freediving. Namun untuk lebih lanjutnya perlu dipelajari untuk tehnik freediving yang benar agar tidak membahayakan diri sendiri.
    Take a deeper breath!
Marilah menjadi Snorkeler yang bertanggung-jawab.

  • Berhati-hatilah dengan kaki katak yang di pakai ketika di dalam air, jangan sampai tersentuh dan merusak terumbu karang.
  • Jangan menyentuh semua makhluk yang ada di dalam laut. Baik itu terumbu karang, ikan sampai mahluk laut lainnya seperti penyu atau bintang laut.
  • Apalagi sampai berdiri di atas karang untuk beristirahat.
  • Terumbu karang hanya tumbuh beberapa inci pertahun, jadi jangan sampai kegiatan kita merusak keindahan bawah laut yang seharusnya kita jaga.
  • Perlu berhari-hari bagi bintang laut untuk pindah dari satu tempat ke tempat lainya, jangan kita hacurkan pengorbanannya tersebut cuma untuk kenikmatan berfoto.
Gak indah lagi kan kalo rusak?
  • Bayangkan anda adalah mahluk laut yang ada kemudian datanglah orang asing yang kemudian menjamah dan memegang tubuh anda, bagaimana rasanya?
  • Bawalah sampah yang kita bawa kembali ke kota atau pelabuhan, jangan sampai menjadikan tempat yang Indah terkotori oleh sampah yang kita bawa.
  • Take nothing but picture, leave nothing but bubble!
Yang paling penting adalah nikmati snorkeling time anda, dan ketika sudah mulai bosan dengan snorkeling ambillah sertifikat diving agar bisa menikmati keindahan di lautan yang lebih dalam dan beragam.

Happy Responsible Travel!
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

65 komentar :

  1. thanks Tipsnya.
    sangat bermamfaat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya katiman dari surabaya, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang bapak tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma MBAH WITJAKSONO yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO di: 0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK-> BUTUH UANG GAIB

      Hapus
  2. sama2...makassar punya bnyak spot yg keceh tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Klu daerah balik papan tmpt yg bgs buat snorkling dimn y

      Hapus
  3. rada susah snorkeling tp gak bisa renang, posisi badan bukannya tengkurep ngadep bawah malah terlentang ngebalik ngadep langit, dan bingung gak bisa balikin badan, hehe
    *pengalamanpribadi

    BalasHapus
  4. hehe...disitulah peran pendamping buat bantuin..yg penting gak usah gugup..:-)

    BalasHapus
  5. tips yang tersirat dari foto diatas adalah : jangan snorkling sendirian, bawa pasangan anda (kalo ada) :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaaa, sial :D
      mikir sampe segitunya bang..

      Hapus
  6. romantis sih om...tpi jadi kurang merhatiin terumbu karangnya..malah merhatiin yg disamping...hahahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. om, minta tips dong .saya bisa renang ,cuman gabisa nyelem .nah gimana ntu ??
      apa badan saya kegedean yakk.???

      Hapus
  7. jadi semakin pengen ber-snorkling :3

    BalasHapus
  8. Jangan menyentuh semua makhluk yang ada di dalam laut. Baik itu terumbu karang, ikan sampai mahluk laut lainnya seperti penyu atau bintang laut <=== Kasi empat Jempol buat ini

    BalasHapus
  9. Salam Blogger :)

    Mantab (y)
    Bahasa nya ringan dan mudah di pahami :)

    BalasHapus
  10. Salam Blogger :)

    Mantab (y)
    Bahasa nya ringan dan mudah di pahami :)

    BalasHapus
  11. Windapedia::yuk...luangkan waktu untuk melht keindahan laut..:-)

    Arman::hehe...harus itu...#savecoralreef

    la tahjan::salam blogger juga..makasih udah berkunjung..

    BalasHapus
  12. Wah.. bermanfaat bange nih postingan... makasih ya untuk share-nya... :D

    BalasHapus
  13. sama-sama...amiin..moga bermanfaat..

    BalasHapus
  14. Kalo tips biar ga mabuk menjurus mau muntah pas lagi snorkeling ada ga masbro? :(
    Nasib cuma bs jadi pengamat aja dari atas kapal kalau ombak sekitar nya agak kencang =_=

    BalasHapus
  15. klo itu sih mabok laut karena naik perahu y...lgian klo bermbak gak safety buat snorkeling..:-)

    BalasHapus
  16. Pengen banget snorkeling dan diving tapi belum kesampaian...

    BalasHapus
  17. ayo deh buruan d coba..dijamin ketagihan..

    BalasHapus
  18. mantap !! cerita daerah Indonesia bagian baratnya mana ?

    BalasHapus
  19. kenapa gak ada cerita tentang Indonesia bagian barat, sumatera maksudnya ?
    agar para backpacker pemula dapat tau daerah mana aja yg dituju.

    BalasHapus
  20. Hehe..sumatra masih belum dijelajahi..mau ngundang?

    BalasHapus
  21. superb advise neh..tnx yah:)))

    BalasHapus
  22. sama2...sukses snorkling y..! :-)

    BalasHapus
  23. mas... beli alat2 snorkel yg asik di balikpapan di mana ya?
    mau siap-siap ah buat ke labuan cermin. hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuran tau juga mas...coba deh nanya sama anak-anak Backpacker Samarinda...ada grup y d fb..

      Hapus
  24. sangat membantu tips nya mas,,,

    BalasHapus
  25. Kalo snorkeling boleh pake softlens gå>:/ ya? Mata ku minus 5, bs gå>:/ keliatan apa2 di dasar laut, :d

    BalasHapus
  26. capek snorkeling tanpa ban, pake ban bisa leha-leha sepuasnya, tapi kalo udah terlatih mungkin bisa sambil olahrag

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya emang lebih baik pake pelampung biar bisa istirahat..

      Hapus
  27. pengen snorkeling tapi ga bisa berenang, mesti pake joki neh...

    BalasHapus
  28. Tips nya Bermanfaat
    Thanks dan salam kenal

    BalasHapus
  29. Pantai bira gak kalah sama pantai iboe, tapi pantai lombok luar biasa.....

    BalasHapus
  30. Seruuuu... Tp aye beneran kaga bisa berenang sama sekali... Takut kaga bisa atur napas heheee... Kira2 bisa ga ya belajar snorkeling?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Byr gk gugup di bljar di kolam renang dlu..hee cos klo lgsung di kedalaman laut mudah gugup,,pengalaman pribadi..

      Hapus
  31. Kebetulan saya bermasalah dg snorkeling..
    Biasanya ikut discovery diving, terakhir di wakatobi mei kemarin..
    Bukan apa2.. tp memang sy tdk bisa snorkeling, saya selalu ingin masuk lebih dalam utk menikmati view bwh laut.. dan dg snorkel sy selalu minum bnyk air laut..
    Bagaimana caranya nafas dg snorkel saat ujung snorkel terendam air..

    BalasHapus
  32. Mas Indra, idealnya, anak umur berapa sih bias diajak snorkelling?
    Thanks.

    Fithri

    BalasHapus
  33. Ya kalo ujung snorkelnya kerendem ya gabisa narik nafas mba

    BalasHapus
  34. Nah kalau tips diving ada di www.rezkito.wordpress.com :)

    BalasHapus
  35. Berau mantap banget walau datang sore dan harus balek ke Berau lain kali mau kesana lagi

    BalasHapus
  36. slm kenal,sy bc artikl "snorkling bagi pemula" dr web nya,pertanyaan,apakah bersedia klo sy mnta jd tutor snorkling di derawan?

    BalasHapus
  37. salam kenal ..(^_^)...
    nambah masukan buat pemula hati-hati tersentuh landak laut..rasanya mak nyoss....sakitnya luar biasa....

    BalasHapus
  38. karimun keren buat snorkling

    BalasHapus
  39. Bulan lalu, aku dan temen2 kantor pergi liburan ke kep.seribu, dan dsana ada acara snorkeling, aku kan ga bisa renang, tp di yakinkan ini bakal aman. (Serius??ini kan laut bukn kolam!kataku dalam hati). But, sumpah gara2 nyoba skali, skg aku jd ketagihan snorkeling. Dan tips disini mantap juga, thanks sharenya ya. Buat yang mau liburan, mau info apa aja soal traveling, lengkap disini >> http://goo.gl/A2xvK4

    BalasHapus
  40. Artikel ini sangat membantu untuk orang yang senang menikmati keindahan alam bawah laut http://wisatapulausabang.com

    BalasHapus
  41. habis snorkling kok rasanya lelah banget, bernafas rasanya lebih sulit, kenapa ya?

    BalasHapus
  42. mas saya pemula bagaimana cara berlajar snorkeling?

    BalasHapus
  43. tempat yang biasanya enak buat snorkeling itu di tempat yang seperti apa om ciri"nya??

    BalasHapus
  44. Jangan gugup (apalagi kalau yang ngajarinya ganteng kayak admin)
    emg muka admin kaya apa ,heheee

    BalasHapus
  45. abang" aye mau nanya ,yg ngejual peralatan snorkeling dmn??

    BalasHapus
  46. kemarin sudah coba satu kali, trs ketagihan pengen lagi..
    smoga penghujung tahun aku bisa snorkeling lagi :) ,tp belum ada tmn :(

    BalasHapus
  47. makasih buat tipsnya .....

    BalasHapus
  48. mengambang di atas air laut lebih mudah dari pada di kolam renang :D
    selalu cek alat snorkeling sebelum terjun ke laut. dan intinya biasakan nafas pakai mulut hehehe
    tipsnya oke om (y)

    BalasHapus
  49. Wah, cari ngambil sertifikat diving atau snorkeling itu gimana yahg Mas? Thanks. :D

    BalasHapus
  50. Banyak yang gak bisa renang tapi bisa snorkeling di laut,, karena kita lebih ngambang di laut,, asal jangan panik aja...

    Salam kenal mas,, saya baru nulis blog ttg traveling,, feel free buat kasih masukan hehe --> http://barrabaa.blogspot.com/

    BalasHapus
  51. mau Tanya dong untuk anak umur 3 Tahun aman gak sih buat ikut snorkeling
    kalo gak ikut snorkeling terus nanti yang jagain siapa

    BalasHapus