Traveloka.com – Review Terpercaya Seorang Backpacker

Banyak orang berpikir bahwa seorang backpacker harus bepergian dengan menggunakan kereta api atau bus karena harganya yang murah. Apakah hal ini benar? Bepergian dengan menggunakan kereta api atau bus memang hemat, namun belum tentu cocok dengan kondisi yang kita alami pada saat akan melakukan perjalanan.
Belum lama ini, saya ceritanya mau backpackingan ke Jogja. Sebagai seorang backpacker yang professional, saya berpikir akan menggunakan kereta api karena murah. Saya langsung mengunjungi website kereta api, mencari tiket, dan melihat tiket kereta api yang tersedia. Pada saat itu yang tersedia hanya tinggal kereta api eksekutif saja.Harga tiket tersebut adalah Rp.  475.000, termasuk mahal untuk ukuran backpacker! Maklumlah, memang tanggal yang saya pilih adalah tanggal libur sejuta umat.
Belum menyerah, saya mencoba mencari bus untuk mencapai tujuan idaman saya yaitu Jogja. Pada saat itu harga tiket bus adalah 260.000 Rupiah dengan lama perjalanan minimal 12 jam. Wow, lama sekali perjalanannya!

Waktu yang saya punya untuk menikmati keindahan Indonesia sambil menggendong tas sangat singkat yaitu hanya 3 harisaja. Kalau saya menggunakan bus, pulang pergi saya sudah menghabiskan waktu selama minimal 24 jam di jalanan, sehingga waktu yang saya punya untuk berwisata hanya tinggal 2 hari saja. Belum lagi waktu istirahat yang diperlukan karena lamanya perjalanan menuju Jogja pasti akan membuat badan yang kurang olahraga dan terlalu banyak makan indomie ini lelah.
Pada saat itu hati saya hancur, keinginan saya untuk dapat pergi ke Jogja gagal tercapai hanya karena tidak ada transportasi yang cocok dengan kondisi saya. Saya yang pasrah kemudian pergi ke kamar mandi untuk mandi, sekaligus meratapi nasib.
Setelah selesai mandi, saya berusaha menghibur diri dengan menonton televisi. Pada saat itu kebetulan remote televisi saya lagi ngumpet entah di mana. Gara-gara remote itu enggak ada, saya gak bisa lari dari serangan iklan televisi yang membabi buta. Karena malas bergerak, saya lihat aja semua iklan itu. Nah, tiba-tiba ada iklan tiket pesawat yang menarik perhatian saya. Kenapa? Karena ada tanda-tanda promonya banyak. Sebagai orang yang lagi desperate mau traveling tapi kepentok budget, mata saya langsung bersinar-sinar melihat harga yang ditampilkan di iklan tersebut.
 
Iklan tersebut adalah iklan milik sebuah website booking tiket pesawat. Pada saat itu sebenarnya saya berpikir bahwa pesawat terbang hanya untuk mereka yang berduit saja, dan biasanya iklan hanya memperlihatkan hal-hal yang indah saja.Namun, saya yang sudah lelah melihat iklan televisi yang tak kunjung selesai akhirnya memutuskan untuk mencoba melihat website tersebut.
Saya langsung menyambar blackberry bold kesayangan saya, bagai seekor lebah yang menyengat dengan ganasnya. Saya membuka website yang bernama Traveloka.com tersebut. Website tersebut terbuka dengan cepat walaupun handphone saya udah ketinggalan jaman.
 
Saya langsung mencoba mencari tiket di sana. Hasilnya? Saya mendapatkan hasil yang tidak bisa saya percaya begitu saja. Masa harga tiket pesawat dengan harga kereta api hampir sama? Saya yang tidak percaya langsung berangkat kebeberapa website resmi maskapai penerbangan.
Di sana, saya mencoba mengecek harga tiket pesawat, kemudian saya bandingkan dengan harga di Traveloka.com. Hasilnya? Harga tiket pesawat di Traveloka.com lebih murah dari pada yang ada di website resmi maskapai penerbangan.
Spontan saya langsung berpikir bahwa website ini hanyalah penipu. Sekitar 2 detik kemudian, sisi bijaksana saya berkata “jangan menuduh yang tidak pasti”. Dari situ saya berpikir, kalau penipu kok dia iklan di televisi, kan mahal banget biaya iklannya.
Saya langsung mencoba mencari tahu tentang Traveloka.com di internet. Pada saat saya baru mengetik “traveloka” muncul suggestion berupa “traveloka penipu”. Betapa kagetnya saya ketika Mbah Google menyarankan saya untuk mencari “traveloka penipu”.
Saya melanjutkan penyelidikan saya dengan cara:
Mengetik “traveloka penipu” di Google, sesuai dengan suggestion Google, saya buka semua link yang ada di halaman pertama dan hasilnya tidak ada satu pun yang mengatakan bahwa Traveloka.com adalah penipu, bahkan banyak yang merekomendasikannya untuk mendapatkan tiket pesawat murah.
Mencari review mengenai pelayanan Traveloka.com dengan cara mengetik “traveloka review” di Google. Hasilnya saya mendarat dengan selamat di dua website yang menampung segala keluhan manusia di dunia maya. Website tersebut adalah trustedcompany.com dan reviewcentre.com.
Menurut trustedcompany.com, nilai untuk Traveloka.com adalah 4.7 dari 5, sedangkan menurut reviewcentre.com, nilainya adalah 4.6 dari 5. Menurut saya, ini adalah nilai yang sangat tinggi.
 
 
Pada titik ini saya sudah mulai percaya bahwa website ini aman. Saya langsung kembali ke TKP, melakukan pencarian tiket, dan melakukan proses booking saat itu juga karena saya takut harganya nanti makin mahal. Pas mau bayar, ternyata ada banyak pilihan metode pembayaran. Saya piker saya gak akan bisa bayar karena saya orang desa, tapi ternyata saya salah.
Enggak lama setelah melakukan pembayaran sebesar Rp 454.253 yang mana lebih murah dari harga tiket kereta api, saya menerima tiket elektronik yang dikirim melalui E-mail. Karena gak punya printer, langsung aja ke warnet terdekat dari rumah saya. Pas saya nge-print di warnet itu, operatornya bilang kalau dia juga pakai Traveloka.com untuk pesan tiket Lebaran. Pada saat itu saya merasa bodoh dan ketinggalan jaman, kenapa gak dari dulu saya beli tiket pesawat secara online, tapi sudahlah yang penting sekarang saya berhasil mendapatkan tiket untuk menuju Jogja.
Saat tiba hari keberangkatan, saya dengan cemas pergi ke bandara. Saya takut tiket yang berupa secarik kertas yang saya print sendiri ini ditolak dan di buang seperti sampah di bandara. Keadaan di bandara pada saat itu ramai, ada sekitar 10 orang yang antri di depan saya. Yang mengejutkan, sebagian besar dari mereka memegang kertas bertuliskan Traveloka.com. Ternyata Cuma saya sendiri yang bodoh dan ketinggalan jaman. Namun walau begitu, hati saya menjadi tenang karena melihat ada banyak orang membawa tiket pesawat yang serupa dengan tiket saya.
Akhirnya, saya tiba dengan muka bahagia di Jogja. Karena lokasi bandara di Jogja dekat dengan Candi Prambanan, saya memutuskan untuk langsung pergi kesana. Saya menggunakan bus Trans Jogja yang ada di bandara. Dengan bus itu, saya hanya butuh modal 3,000 Rupiah untuk dapat mencapai Candi Prambanan. Sudah dekat, irit waktu, murah pula. Sepertinya saya adalah orang yang paling bahagia di muka bumi ini saat itu.
Mulai sekarang,  kereta api dan bus bukan lagi menjadi pilihan utama sayau ntuk menikmati wisata ala backpacker. Saya sudah ketagihan naik pesawat terbang karena cepat dan murah.
 Happy Responsible Travel!
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

45 komentar :

  1. saya dari dulu juga pakai traveloka daripada book langsung ke web maskapai, kelebihan traveloka selain lbh murah, fitur paymentnya bisa memakai apa saja, selain CC, IB, transfer dan ATM. ini yg menjadi sarana kemudahan buat traveler yang ingin memesan tiket suatu maskapai yang biasanya hanya bisa memakai Credit Card namun bisa difasilitasi dengan ATM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget..susah kalau gak punya CC kayak aku..haha

      Hapus
  2. saya juga sering banget mas, hunting tiket pake traveloka... :malu
    tapi kok belum pernah liat iklannya yang di tipi ya? *kebanyakan nonton sinetron
    :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha..ada kok..tapi emang jarang kayaknya...

      Hapus
  3. Traveloka dan situs sejenis sangat berguna buat traveler, apalagi untuk perbandingan harga tiap maskapai, bikin proses booking tiket lebih sederhana dan nyaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tul..yang pastinya bisa nyari yang termurah..

      Hapus
  4. Postingan bersponsor kak...? Tapi tetap aja susah cari tiket promo dari atau ke Ternate.. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sama kaya ke Kalimantan....hampir gak pernah ada yang promo...

      Hapus
  5. cari tiket untuk mudik ah di traveloka

    BalasHapus
  6. wahh ternyata lebih mudah ya pesan tiket kereta ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi sayang di Kalimantan belum ada kereta :-(

      Hapus
  7. Lagi naik daun nich traveloka hehehe, tapi ada juga nusatrip yg murah hampir sama

    BalasHapus
  8. biasanya langsung bandingin antar maskapai sih kak kalau aku ^^ kecuali kalau naik kereta biasanya cari di tiketdotcom :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo lewat sini biasanya sih lebih murah dari maskapai nya kak..

      Hapus
  9. Belum pernah memakai jasa Traveloka. Sepertinya cukup menarik untuk dicoba nih !

    BalasHapus
  10. Situs seperti Traveloka angat berguna buat traveler yang berencana beli tiket dalam waktu dekat, ditambah lagi terkadang ada tambahan potongan harga dari kartu kredit tertentu.

    BalasHapus
  11. Bener kak, makasih reviewnya saya juga beli dari Bandung-Surabaya sangat mudah dan cepat hehe

    BalasHapus
  12. Waaahhh noted! Laen kali coba traveloka! X))

    BalasHapus
  13. Iya.. kadang tiket pesawat bisa lebih murah dari kereta, saya pernah nemu Semarang - Surabaya cuma 150rb. tapi ya itu faktor Luck juga ngaruh. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya kadang nemu mahal kadang sangat murah juga..

      Hapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. Bisa coba jg di www.anjtour.com. kadang di traveloka lebih mahal dr pada di anjtour.com, hampir semua pesawat domestik maupun internasional, kecuali citilink. Kadang di traveloka lebih murah, kadang di anjtour.com lebih murah. tp bisa tau diskonnya setelah booking dan bisa nanya diskonnya. maklum kayanya mereka masih manual diskonnya hehehehe...

    BalasHapus
  16. mantappp..
    baru tau traveloka.com ,,hahaha
    oh iya bang,,di banddara ga diapa apain kan pake tiket gitu??
    takut,,hehe

    BalasHapus
  17. Mantab lenkap informasinya, saya sudah pernah cobain beli tiket di semua OTA dari mulai beli tiket di www.ezytravel.co.id trus di traveloka.com sama tiket.com. Yahh pada intinya sih sama ya cuma beti aja beda-beda tipis harganya. Paling yg ngebedain kalau pas kebetulan dapat promo seperti sebelumnya pernah dapat Buy 1 Get 1 Ticket di Ezytravel. Lumayan bisa terbang bolak-balik ke Pekanbaru sama isteri

    BalasHapus
  18. Saya sdh coba pesan tiket via traveloka.....mudah dan cepat, tiketnya lebih murah dari web maskapai penerbangan. Saya merekomendasikan buat anda pengguna pesawat terbang untuk membeli tiket di traveloka.com

    BalasHapus
  19. clefter.com melayani pemesanan tiket pesawat dengan tarif terjangkau
    .Untuk agan yang berminat ingin pesan tiket pesawat silahkan kunjungi clefter.com, dan langsung YM support kami

    BalasHapus
  20. Semua sistem punya kelebihan dan kekurangan masing2 gan. Tapi itu menjadi pilihan pembeli. Kalau untuk ke agen tiket silakan ke Perwira Tour. Tanpa tambahan harga. Cek cukup BBM, tlp atau sms. Jadi anda tidak perlu repot2 cek dan book langsung di sistem. Kami yang proses dan anda tetap lakukan aktifitas harian anda. Kami menJual TIKET domestik dan Internasional. Informasi lengkap dan jelas.

    Untuk reservasi dan informasi :
    YM : perwira_CS1
    BBM : 2634ea45
    Hp : 087738191959/ 082242354288
    Alamat : Jl. Candi Gebang no. 42 Condong Catur, Depok, Sleman, Yogyakarta

    BalasHapus
  21. informasi yang yang sangat menarik dan bermanfaat

    BalasHapus
  22. info yang sangat membantu gan .

    BalasHapus
  23. Saya juga bingung , kok bisa harga tiket lebih murah di Traveloka dari Maskapainya sendiri?

    BalasHapus
  24. Asikkk kalau awak tetep liat mana yang lagi running Promo, kl di Traveloka lagi murah buat awak pulang ke Padang awak beli, kl pas di Ezytravel.co.id atau di Tiket.com murah ya awak beli disitu hehe

    BalasHapus
  25. waahh beruntung bangt nih yang di review.... hhehe :D

    BalasHapus
  26. sejauh ini emang aplikasi mobile traveloka paling mudah digunakan di tablet.
    saya pernah pakai traveloka untuk CGK-PKU, PP naik garuda cuma 1,3jt, pas tanggal long wiken mei kemarin.

    BalasHapus
  27. melayani pemesanan tiket pesawat dengan tarif terjangkau
    .Untuk agan yang berminat ingin pesan tiket pesawat silahkan kunjungi clefter.com, dan langsung YM support kami

    BalasHapus