Tips Buat yang Pengen Jadi Travel Blogger

Ternyata udah lama tidak berbagi tips kepada pada pembaca setia Backpacker Borneo (emang ada?) sejak menulis tentang panduan lengkap berwisatake Kepulauan Derawan. Nah, kali ini saya akan berbagi tentang tips travel blogging.
Kenapa Travel Blog? Karena itulah yang menjadi spesialisasi backpackerborneo.com, yaitu berhubungan dengan jalan-jalan. Walaupun di luar sana lebih banyak blog yang bagus dan sukses dari blog ini namun dengan menulis tips ini mudah-mudahan blog ini menjadi semakin bagus juga. Oleh karena itu, saya juga mengajak travel blogger lainnya untuk berbagi di sini. Oke silahkan langsung di simak ya…
·         Punya Blog dan suka jalan-jalan
Itu hal pasti yang harus dimiliki kalau ingin menjadi travel blogger. Kalau kamu nulisnya masih di diari buruan sana bikin blog, banyak kok penyedia layanan blog yang gratis seperti blogspot, wordpress, tumblr dan lain-lain.
Selain itu karena temanya jalan-jalan, hobi kelayapan adalah hal  yang harus dimiliki, nggak harus jauh, sekitar rumah juga bisa menjadi bahan blog kok, tinggal bagaimana mengemas perjalanan tersebut ke dalam tulisan.
·         Desain blog
Pilihlah desain yang enak dipandang, karena seringkali walaupun tulisan kamu bagus namun karena desainnya berantakan jadinya pembaca bisa malas untuk melanjutkan. Walaupun desain standar tapi rapi dan ketika mereka ingin membaca tulisan yang lain, navigasi mudah.
Oleh karena itu, penggunaan widget yang tidak terlalu penting sebaiknya tidak usah di pasang karena semakin banyak widged di sidebar atau footer, maka blog akan semakin berat ketika di buka.
Kalau ingin kelihatan lebih professional, ada banyak pilihan template desain blog yang bagus yang bisa di pakai untuk blog dan itu gratis, tinggal Tanya sama om Google.
·         Konsisten
Konsistensi adalah salah satu kunci sukses seorang blogger. Buatlah jadwal postingan seperti seminggu dua kali, seminggu sekali ataupun sebulan dua kali. Seringkali yang terjadi adalah ketika habis jalan-jalan dan masih semangat nulis maka langsung memposting sampai 5 tulisan sehari, tapi kemudian tidak ada postingan sama sekali selama beberapa minggu bahkan bulan. Sebaiknya ini dihindari, salah satu caranya adalah dengan simpan di draft dan jadwalkan tulisan tersebut agar terposting secara otomatis.
·         Maksimalkan SEO (dari Virus Traveling)
Kalo aturannya SEO itu kan kita analisa keyword dulu mana yang optimal mana yang nggak kemudian keyword itu yang dijadiin artikel. Nah, kalau di travel blogger enggak  begitu menurut Bobby Ertanto, jangan. Tapi diganti urutannya.
1.       Bikin Artikelnya
2.       Tag keyword dicari menggunakan tools adwords.google.com yg 'keyword planner'. Cukup 5 keyword saja yg berbeda dan cari yang low competitor tapi yang nyari keyword itu banyak.
3.       Lihat juga di google.com/trends.
4.        Kalau bisa beberapa dr keyword itu ada yang masuk di tulisan.
Itu untuk tulisan. Dari setingan untuk optimasi Onpage SEO:
1.        Keyword ada dijudul, body, meta title, description.
2.       Format link: www.domainkamu.com/langsung-judulnya/ (ga pake tgl, dll)   
·         Metode Penulisan (dari Fahmi Anhar)
Bagi pemula, mungkin akan lebih mudah menulis postingan dengan metode naratif, menggambarkan apa yang dialami selama perjalanan. Alat bantunya bisa dengan sambil melihat foto/video traveling. Salah satu kunci travel blogging adalah memperhatikan gaya penulisan, karena itu akan menjadi identitasmu. Semakin sering kita menulis & membaca, maka akan semakin berkembang juga.
·         Tulisan nggak harus menggunakan bahasa baku, senyaman kamu aja. ( dari The Travelearn)
Tapi, tetap gunakan kaidah-kaidah EYD agar tulisan enak dibaca. Terutama dalam penggunaan huruf kapital dan tanda baca (titik, koma, tanda petik) yang tepat.
Jangan minder kalau kamu nggak punya kamera secanggih DSLR dan cuma punya kamera smartphone. Yang penting, coba asah sudut pengambilan gambar kamu, supaya tetap kelihatan bagus. Utak-atik supaya foto kamu bisa kelihatan oke, misalnya atur White Balance atau Mode. Hanya punya kamera smartphone bukan berarti kamu nggak bisa sesukses travel blogger yang lain kok :)
Buat yang merasa hasil fotonya sudah oke, gue sarankan beri watermark di foto kamu untuk menghindari penggunaan yang tidak bertanggung jawab.
Buat judul yang kreatif, tapi tetap mudah ditemukan.  Jadi, di dalam judul itu harus mengandung objek yang akan kamu review. Apalagi buat kamu yang masih pendatang baru ya.
·         Buat catatan ketika di perjalanan (dari Tindak Tanduk Arsitek)
Pergunakan waktu menunggu untuk membuat catatan-catatan, atau menulis draft. Sering dalam bepergian kita dihadapkan pada waktu-nggak-tahu-mau-ngapain. Waktu ini biasanya antara check-in dengan boarding, atau masa-masa menunggu atau di dalam alat transportasi lain (waktu yang cocok buat ngetweet pamer posisimu di mana).
Kalau sudah bosan ngetweet dan chatting, mendingan mengerjakan draft blog. Aku sendiri sangat sering mengerjakan draft blog di dalam travel atau di kereta. Entah kenapa, ide tentang cerita perjalanan lebih mudah meluncur deras ketika dalam perjalanan. Tak jarang perjalanan bulan lalu baru dituliskan di dalam kendaraan berangkat di perjalanan bulan ini. Tak bawa laptop, tulis di gadget pun tak apa, yang penting huruf dan katanya sempat tersimpan dan bisa diotak-atik kemudian. Tulis sebanyak-banyaknya dengan hati, jika nanti ada waktu baru edit dengan rapi.
·         Tips mengatasi blogstuck  (dari Tindak Tanduk Arsitek)
Banyak kondisi malas menulis lagi karena kehabisan ide, atau karena terlalu banyak bepergian, atau bosan dengan tulisan sendiri. Kalau aku mengalami itu, maka aku akan mulai  membaca buku, karena bisa memperkaya diksi dan mendapatkan ide-ide baru. Tak jarang sesudah membaca aku malah punya cara menulis yang berbeda. Kalau begitu, rasanya lebih segar dan bikin bersemangat lagi untuk menulis. Buatku yang tidak menjadikan menulis sebagai pekerjaan utama ini, menulis benar-benar membutuhkan mood, tidak bisa dipaksakan, karena cerita yang dihasilkan merupakan suasana hati.
Cara kedua adalah bertemu teman-teman secara nyata, bukan hanya kontak dunia maya saja. Bagikan ide yang stuck itu untuk mendapatkan tanggapan dari orang lain, sehingga bisa dituangkan dalam tulisan. Latih untuk luwes dalam mengingat, sehingga hasil obrolan tidak terbang begitu saja.
·         Saling Blogwalking  (dari The Travelearn)
Mampir ke blog mereka, komentari tulisan-tulisannya, dan follow blog mereka. Biasanya akan berkunjung balik ke blog kamu, bahkan sampai follow balik. Bukan hanya bisa mengenal banyak travel blogger, tapi kamu juga bisa belajar banyak dari mereka tentang gaya menulis, teknik fotografi, desain blog, hingga aktivasi personal branding.
·         Jalin network  (dari titiw.com)
Jangan cuma gaulnya di komunitas-komunitas traveling aja. Jalin hubungan di komunitas yang masih berurusan dengan traveling. Misalnya gabung ke komunitas "hijau", yang mana bisa jadi wawasan tambahan ketika kita mau nulis tentang eco tourism.
·          Pilah-pilih ajakan media trip atau review (darititiw.com)
Apakah benefit yang mereka berikan setara dengan apa yang wajib kamu lakukan? (Misalnya cuma diminta review resto, tapi minta 5 tulisan) Sehingga win win solution.
Tapi meskipun selektif, be flexible juga. Misalnya kamu diminta review laptop. Sebagai travel blogger, jangan langsung nolak karena kamu pikir nggak ada hubungannya laptop sama traveling. Nah pinter-penternya kita sebagai blogger travel untuk menyulapnya jadi cocok. Misalnya laptop ini karena ukurannya compact jadinya cocok dibawa-bawa pas traveling, ada aplikasi apa yang bikin mudah nulis, dll.
·         Sedikit tips dari Olive's Journey jika ingin terjun di dunia travel blog:
§  Kenali panggilan jiwamu (passionnya kemana), mantapkan tujuannya u/ apa dan konsisten dengan tujuan yg ingin dicapai
§  Berinteraksi dengan lingkungan dan warga lokal saat bertandang ke satu destinasi
§  Bangun jaringan dengan sesama pejalan, bergabung dengan komunitas
§  Menimba pengetahuan dengan membaca dan mengikuti perkembangan di dunia traveling
§   Tidak menutup diri terhadap dunia lain di luar traveling
§   Tulis, tulis dan tulis ide, impian, harapanmu dari setiap perjalanan yang dijalani (selalu bawa note kecil untuk mencatat)
§  Konsisten dengan pilihanmu dan terus belajar untuk mengembangkan diri
§  Bersiap untuk kesempatan yang menghampiri
§   Tetaplah rendah hati

Ada yang mau Menambahkan?


Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

127 komentar :

  1. Ah ... Aku blm ngerti seo nich. Kayaknya mesti maximalkan seo biar banyak pengunjung nya lagi ;-)

    BalasHapus
  2. sama dengan atas gua, sampe sekarang yg nggak ngerti SEO...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku juga gak ngerti..tapi sekarang jadi ngerti..hehe

      Hapus
  3. Konsisten jadwal posting tulisan? Itu yg paling sulit...
    Bukan cuma ide buntu, tp suka ada godaan dari link2 menarik lainnya.

    "It's not about the destination, but the journey"

    http://makanangin-travel.blogspot.com/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah..niatnya mau brousing buat data tulisan eh malah tergoda sama yg lain..

      Hapus
  4. Akhir Akhir ini saya gagal di point ketiga "KONSISTEN"
    padahal niatnya dulu 5 postingan perbulan, tapi gagal total.
    Intropeksi dulu sambil cari ide.,

    Semangat bangkit lagi setelah baca tips ini.
    Keren dan ngebantu banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku aja dari dulu minimal 4 postingan perbulan, sekrang target jadi 3 perbulan...mulai menurun juga :-(

      Hapus
  5. mantap banget nih tipsnya,,,, cocok, apa lagi buat ane yang masih hijau alias newbie,,
    bimbing ane mas,, :)

    beri kritikan dan saran ke blog saya ya,, www.medanwisata.com

    BalasHapus
  6. Makasih banyak tips nya ya mas... keren :)

    BalasHapus
  7. SEO gue masih ga ngerti kalau blogwalking dan ninggalin jejak, baru kali ini neh
    www.initial-hkos.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ayo banyak kok travel blog yang bisa disinggahi..hehe..dengan komen minimal orang tau dengan blog kita..

      Hapus
  8. blog ku sih masi personal blog. tp setiap perjalanan insya Alloh diusahakan slalu dicatet di blog.
    yg sering dicari juga, informasi ttg destinasi/perjalanannya itu. kadang suka males baca travel blog cuma foto n deskripsi keindahannya aja. tp kita pembaca gak dpt info kesananya gimana budget kira2 berapa de el el.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe..lanjutkan ngeblognya..udah semi kalau gitu ada juga campuran catpernya..hehe

      Hapus
  9. Pengen banget punya blog yang khusus perjalanan kayak blog ini. tapi apalah daya, uang masih minim jadinya gak bisa jauh-jauh, cuma yang deket-deket aja dulu, sekalian promosin tempat-tempat di banjar juga. Kalo dibanjar tempatnya gak kalah keren dari tempat yang lain dan wajib juga jadi destinasi kalo lagi holiday

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bejeur banget..masih banyak tampat keren di kalsel..aku aja sampai bikin bog khusus buat wisata di kalsel (wisatakalimantanselatan.com) tapi susah konsisten buat itu..lebih ke blog ini..hehe

      Hapus
  10. Konsisten... Itu yang susah :D

    BalasHapus
  11. hahahaha beneran, ternyata emang banyak yang gak maksimalin masalah SEO ini. Bulan Juni kemarin ikutan workshop travel blog, pas dijelasin tentang SEO ini sempat bengong doang hahaha, maklum, gaptek Om :'(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya om..sayang banget klo blog bagus tapi gak ada yg baca..

      Hapus
  12. Balasan
    1. Nah ini travel blogger londang nih..kasih tambahan tips dong kaaaak :-D

      Hapus
  13. Haha! Aku kasih masukan buat The Travelearn yang kasih tips menggunakan EYD, sebaiknya tipsnya juga menggunakan kaidah yang berlaku juga. Jangan disingkat-singkat nulisnya, dsb. Masa yang ngasih tips malah gak mraktikkin tipsnya sendiri, hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo, mas ganteng. Sudah diedit ya hehe. Maklum, karena via whatsapp jadi agak disingkat-singkat. Makasih masukannya :D

      Hapus
  14. Eh mau nanya yang pendapatnya Mas Fahmi, yang pemula lebih mudah dengan metode naratif, emang kalau yang udah gak pemula gimana? Bukannya kalau tulisan perjalanan lebih enak disampaikan dalam narasi ketimbang deskripsi, ya?
    Lalu gaya penulisan itu yang kayak gimana kah? What makes a travel blogger different from others.

    BalasHapus
    Balasan
    1. halo Mas Ariev & Mas Indra

      Senang bisa sharing. Jadi gini, maksud saya, memang benar tulisan perjalanan lebih enak disampaikan secara naratif. Saya yang masih asal nulis juga bisanya baru gitu stylenya hehe. Menggambarkan keadaan secara apa adanya. Benar-benar apa adanya.

      Nah mungkin kalau sudah lebih expert nulisnya, bisa naratif diselingi dengan majas-majas agar tulisan tidak terlalu membosankan dan lebih "nyeni" dari segi sastrawi. Asal jadinya jangan lebay. Menerapkan majas dalam sebuah artikel kalau belum terbiasa nulis juga tidak mudah.

      Tentang gaya penulisan, itu secara alami akan tercipta sendiri dari masing-masing penulis/blogger. Karena pada dasarnya setiap orang punya style. Kaya misal baca tulisan2 Ariev ya udah khas gayanya gitu, lucu, spontan. trus kalau misal baca tulisan Firsta, informatif dan ringan. Gitu mas

      Hapus
  15. bener kak yang soal tampilan itu , blog ku tampilannya sederhana aja kak , pernah blogwalking ke travel blogger tapi desainnya bikin mata O_O jadi langsung nutup blognya padahal yang dibahas keren , sama yang bikin catetan selama perjalanan , benerr banget buat pelupa semacam saya -__-

    Mau nambah dari newbie , selain ikutan workshop travel blogger gitu ikutan workshop tentang tata cara penulisan juga kak biar hal - hal teknis tulisan kita bisa dipercantik lagi hehe :v

    Makasih banyak tipsnya semoga makin maju lagi travel blogger di Indonesia :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. bener kak..pengen banget ikut workshop kayak gitu..tapi di sini gak ada :-(

      Hapus
  16. nice info gan *eh ini bukan kaskus ya*

    *dijitak*

    BalasHapus
  17. Wah bagus nih infonya, sekalian mau tanya.
    Gimana pendapatnya tentang post yang menceritakan tripnya day-by-day?
    Jarang liat travel blogger yang seperti itu, padahal dengan post seperti itu informasi yang diberikan bisa detil banget.
    *lagi nulis cerita day-by-day tapi hilang semangat melanjutkan*

    Anyway, silakan mampir (lho promosi hehe) http://jambukebalik.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Loh bukannya banyak ya yang kayak gitu?
      Plus minus dan pilihan para bloggernya kalau itu. Plusnya informasi detil, minusnya jadi panjang dan membosankan karena ya cara berceritanya monoton, dan blogger akan bingung kalau lagi gak ngetrip mau nulis apa, karena semua sudah dikupas day by day. Just my two cents.

      Hapus
    2. Sepakat banget ama yang udah di katakan sama kak ariev di atas...bikin ada bersambung ceritanya biar gak bosan n penasaran...semangaaattt!!!

      Hapus
    3. Halo, bro. Perasaan banyak deh travel blogger dengan konsep cerita day by day gitu. Gue misalnya, hehe. Mungkin kamu aja yang belum cukup banyak blogwalking. Gue malah bukan day by day, lebih detil lagi, per objek atau per beberapa jam hahaha. Monggo berkunjung ke siranselhitam.wordpress.com *malah promosi* *semoga tidak dianggap spam*

      Hapus
    4. Wah dibalas Mas Arief juga, hehehe.
      Iya memang banyak, tapi maksud saya disini travel blogger yang kondang misalnya Mas Ariev, Mbak Marischka, PergiDulu, atau travel blogger yang udah pake domain sendiri. Iya mas, alesan biar nggak kehabisan bahan juga make sense. Makasih ya udah dijelasin :)

      Wah ada bacaan baru nih, siranselhitam. Siap meluncur ke blognya deh.

      Hapus
  18. Travel blogger.. hmm. Awalnya beneran tertarik pengen konsisten nulis ttg perjalanan atau keindahan sebuah destinasi. Tapi, akhirnya blognya jadi kayak skrg, postingannya jadi apa-saja. 😅😅😅😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Biarlah jadi apa aja..yang penting hati senang..lalala

      Hapus
  19. wah boleh juga nih ,, tapi konsisten nya loh -_-

    BalasHapus
  20. Makasih infonya Om.
    Oh ya, kalau saya habis baca buku, biasanya gaya tulisannya jadi mirip2 buku yg habis dibaca. Jadi suka bingung sendiri ko bisa gt :)).
    Salam kenal dari Bandung

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama kaya aku..masih belum nemu juga style gimana nulis yg enak...

      Hapus
  21. +1 lagi maksimalkan gadget :)

    BalasHapus
  22. lengkap bingits tipsnya :D

    BalasHapus
  23. Kalo gue mah bahan tulisan banyak tapi malesss ngetiknya itu loh ;( bikin blog jadi jarang update ;'(

    BalasHapus
  24. aku juga masih belajar SEO.
    tapi lama-lama.. whatever lah, gara2 sering bikin judul puitis gak bakal masuk kategori pencarian, haha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha..walau puitis tapi nyambung juga...di google gudang y ilmu SEO kok..

      Hapus
    2. Samaan Kak, masih belajar SEO dan menulis. Kumpulan tipsnya yahuud..

      Hapus
  25. sharingnya seru! sering-sering yaaa

    BalasHapus
  26. Betapa sulitnya utk konsisten nulis itu... Apa lagi kalau sudah dihadapkan juga dng kesibukan di kantor...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak..itu biasanya yg jadi masalah utama..sibuk lah..kadang malas melanda..haha

      Hapus
  27. tips nya keren banget. tapi aku masih belum paham tentang seo :(

    BalasHapus
  28. Halo backpackerborneo, lagi blogwalking. Dapat linknya dari @IDTravelBlogs. Tipsnya keren. Blog saya sendiri isinya campur2, tidak melulu tentang traveling. Kendalanya cuma pada waktu yg terbatas. Tidak pernah kehabisan ide tulisan. Tapi apapun itu, yg penting ngeblog senang, hati senang. Salam kenal. Kebetulan saya pun dari Borneo :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai messa..salam kenal juga, di kalimantan mananya?

      Hapus
  29. Thanks kak tipsnya :D

    Kalo aku sih blognya masih campuran, kalo lagi jalan-jalan pastinya dong di tulis tentang jalan-jalannya :D

    Belum memaksimalkan uang salah satunya buat bepergian :D

    Kalo backpackeran biasanya berapa orang kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tergantung sih..klo ake lebih sering senriria atu berdua sama patner..:-)

      Hapus
  30. Makasi udah bagi2 tips ya.. :)
    tapi "KONSISTEN" ini yang paling susah.. :D

    BalasHapus
  31. semoga makin konsisten dan tulisanku makin apik...maklum mulai kendor hehe...

    BalasHapus
  32. Konsistensi and lets the magic happen ^^ *aku nggak bisa nulis aneh - aneh soalnya~ ya ngalir aja heheh*

    BalasHapus
  33. Wainiiii, konsisten adalah hal yg paling cucaaah

    BalasHapus
  34. keseringan traveling bisa jadi faktor bingung nulis artikel dari mana dan aku ngalamin sendiri :

    BalasHapus
  35. keren blog ny sabuem...
    ohiya udh pernah k samber gelap blum

    BalasHapus
  36. Paling susah sih konsisten, itu loh konsisten duit buat jalan-jalan. Kadang ada, lebih banyaknya nggak ada, kalau mau jalan-jalan yang seru kudu puasa dulu, soalnya suka males posting kalau jalan-jalannnya nggak wah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak harus wah kok..jalan ke taman juga bisa jadi bahan cerita..

      Hapus
  37. nice tips...ngumpulin mood buat nulis yang paling susah buat gw

    BalasHapus
  38. musti byk belajar lgi saya...

    BalasHapus
  39. Hallo :)
    Mau jalan-jalan ke Macau dan iPhone 5C Gratis?
    Yuk ikutan lomba blog 'Why Macau' di sini http://bit.ly/WhyMacau
    Caranya mudah, tuliskan keinginanmu untuk pergi ke Macau. Topik nya bisa tentang kuliner, objek wisata, kebudayaan, dan tempat populer di Macau. Kamu juga bisa sertakan foto atau video agar tulisanmu lebih menarik.
    Lihat info selengkapnya di sini http://bit.ly/WhyMacau

    BalasHapus
  40. Yah saat ini masih blog kecil dan butuh banyak pengalaman... tapi mudah-mudahan nanti bisa jadi travel blogger yang sukses...

    BalasHapus
  41. thanks sharingnya, kebutulan lagi cari yang kayak gini. paling susah adalah konsisten.. hehehe.. terus soal watermark difoto blog, seberapa pentingnya ya? makasih...

    yuk berkunjung ke www.liburansarie.blogspot.com hehehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu penting banget menurut aku..biar foto kita yang sudah susah dapatkan gak diakuin sama orang..

      Hapus
  42. saya nambahin nih mas,,, saya bacanya sambil merinding keren amitt ya temen" ini salut" dah salam kenal dari Jogja mas hehe ^-^.9 yang masalah SEO itu saya masih belum ngeh hadeee bikin pusing kadang hehe....

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha..gak usah terlalu di pikirin..yg penting poating aja...

      Hapus
  43. Nice tips bang, tapi masih bingung ini masalh SEO haha.. btw aku baru balik dari borneo juga bang, sempat tinggal 2 bulan di kampung Dayak Iban Sungai Utik, baru belajar bikin blog juga jadi masih newbie kaka :3
    Thanks bang, blognya bagus isinya bermanfaat, salam ransel !

    rnrosyidah.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantaap,,,gimana rasanya tinggal di kampung Dayak?

      Hapus
  44. Tipsnya berguna banget nih, makasih om. Banyak yg perlu diperhatikan ternyata, bukan cuma asala nulis doang ya heehe

    BalasHapus
  45. Tipsnya keren buat blog pemula seperti kami..

    salam kenal sob

    mampir ke tempat kami juga kalau sempat...
    Follback juga yah :)

    BalasHapus
  46. salam kenal saya sangat berterima kasih atas tips2 di atas sangat membantu..
    sebagai travel blog baru saya lebih memilih berfokus pada arena travel disekitar saya yang mungkin masih jarang di ketahui orng lain..

    berikut blog saya " Syutrav.blogspot.com " mohon saran dan kritiknya bagi penulis baru seperty saya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mantap gan..saya juga nulis yang dekat2 rumah aja...

      Hapus
  47. Saya seorang ibu rumah tangga yang selama dua tahun terakhir ini jadi blogger. Pengen sih jadi travel blogger, tapi keadaan gak memungkinkan. Jadinya saya sering menulis tentang hal sehari2 yg saya alami saja.

    Makasih bnr tips nya. Unda katuju bnr blog nyawa ngeneh.

    BalasHapus
  48. Wah cukup lengkap pembahasannya. Saya pribadi sih suka caranya malesbanget.com mengenalkan pariwisata Indonesia. Mereka membuat video "jalan-jalan men" dengan host yang kocak dan interaktif. Selain itu, saya juga menyarankan agar wesbsite blogger kita penuh dengan foto2 pengalaman jalan2 kita agar orang lain dapat membayangkan. Btw thanks ya atas infonya sangat menarik!

    BalasHapus
  49. Masih harus belajar banyak nih tentang SEO. Kalau bisa ditawarin Media Trip itu gimana caranya Mas? Thanks.

    BalasHapus
  50. nice blog love it!
    salam kenal

    BalasHapus
  51. Lagi males nulis buat 'nodain' blog. iseng iseng buka mbah google,eh malah nyasar kesini dan banyak menemukan 'rangkuman' tips yang harus dibaca oleh travel blogger. Cakep dah tips tipsnya

    BalasHapus
  52. Emang kak kalo punya blog gak cuma modal tulis doang..musti semuanya dipelajari.. *brbrepot. hahaha

    BalasHapus
  53. mantap mas tipsnya,
    masih belajar nulis, dan hal yang paling mengerikan adallah males update hehee

    BalasHapus
  54. beberapa tips tersebut sudah ane lakukan kak :), manjur juga ternyata :D

    BalasHapus
  55. wah ... harus cepet2 memenuhi panggilan jiwa nih .. (as a traveller - wish me luck)

    BalasHapus
  56. tipsnya keren kak. tapi kayanya yang susah itu konsistensi yaa...

    maklum suka males malesan

    BalasHapus
  57. salam kenal dari Dua Backpacker , backpackernya sih masih 1, yang satu lagi masih dalam proses pencarian :)


    www.duabackpacker.com

    BalasHapus
  58. Blogwalking. Salam Kenal, kagung13.blogspot.com

    BalasHapus
  59. liburan yang menyenangkan dan tips ini sangat berguna bagi traveler dimanapun berada, saya ingin tahu, apakah rata-rata traveler itu berani berangkat sendiri tanpa ditemani oleh siapapun? Apakah termasuk admin borneo yang berani main sendirian untuk berwisata?

    BalasHapus
  60. gak mungkin nambahin
    malah berguru ni, langsung ikutin tips yg memaksimalkan seo :)

    BalasHapus
  61. Dari tadi ambo muter-muter di blog masnya rasanya ndak ketemu tips traveling ke sumatera hehe padahal kan masnya bisa muter-muter di mentawai trus pulangnya bisa mampir hotel di padang yang recommended

    BalasHapus
  62. Buat aku sih menulis itu passion... banyak yng mengklaim dirinya travel bloger..tapi tulisannya maksa..gak ada feel-nya.. Pada akhirnya menulis itu dimulai (bukan cuma dipelajari)...

    BalasHapus
  63. thanks mas artikelnya, sangat berguna buat newbie kaya saya yang baru menulis blog tentang traveling --> http://barrabaa.blogspot.co.id/ :beer:

    BalasHapus
  64. Wah...lengkap banget tips-nya! Mantap! Salam blogwalking ya kak :)

    BalasHapus
  65. Wah tips SEO untuk travel bloggernya oke nih... Sedang mencoba menerapkan juga... Salam kenal ya! :)

    BalasHapus
  66. Konsisten sih yang jadi masalah utama buatku sama SEO itu.
    tapi thanks tipsnya ya bang. keren tipsnya.

    BalasHapus
  67. Trims tipsnya mas. Saya mau mulai untuk menulis ttg kisah jalan2 saya :)

    BalasHapus
  68. hmm ok, langsung dipraktekkeun 👍

    BalasHapus
  69. Terima kasih om, mantap tipsnya.. tapi kalau saya pribadi sih mungkin mengaplikasikan tips tersebut mudah dilakukan, yang susah itu konsisten.. apalagi kalau udah kerja di kantoran, susah buat jalan-jalan terus :(

    BalasHapus
  70. Kadang orang banyak berfikir travel blogger dapat menghasilkan pundi-pundi uang, tetapi menurut saya menjadi travel blogger adalah sebuah hobi. CMIIW

    BalasHapus
  71. wah memang aku masih harus belajar terus dan menimba ilmu dari para senior nih kak... asik nih baca tips nya

    BalasHapus
  72. Wah saya jadi tambah semangat buat jadi seorang travel blogger nih..
    Terima kasih sudah berbagi mas bro

    BalasHapus