Jelajah Kepulauan Balabalagan, Destinasi Baru di Kalimantan

Buat yang pernah berwisata di Derawan dan Labuan Cermin namun ingin mencoba tempat baru lagi. Kami suguhkan alternative liburan yg tidak kalah elok dan indah di banding dua destinasi tersebut. Gak ada salahnya untuk mencoba destinasi baru ini. Cocok sekali untuk pencinta laut dan pantai, bersnorkeling dan berenang-renang di jernihnya air laut Kepulauan Balabalagan adalah hal yang wajib untuk dilakukan.


Berlokasi di selat Makassar, dengan menempuh 9 jam perjalanan dari Balikapapan, wilayah kepulauan yang biasa disebut Balabalagan atau dengan nama resminya Balabalakang, dan secara administratif masuk wilayah Mamuju Sulawesi Barat terdiri dari pulau-pulau indah nan eksotik. Setiap pulau memiliki karakterisitik pemandangan bawah laut masing-masing.
Pulau-pulau tersebut antar lain:
Pulau Popongan
Pulau yang berpenghuni kurang lebih 24 Kepala Keluarga ini, menjadi salah satu pulau tujuan utama karena kita akan menginap selama 2 malam di pulau ini. Setiap malam kita akan di hibur oleh kelincahan anak-anak pulau setempat yang bermain bersama pengunjung pulau.
Keseharian penduduk Pulau Popongan adalah sebagai nelayan, ikan yang menjadi tangkapan utama yaitu Ikan Kerapu merah, Udang Lobster, Cumi-cumi, dan lain-lain. Hasil komoditi ikan-ikan tersebut dijual kepada pengepul atau yg biasa mereka sebut kapal ekspor. Ikan-ikan ini kemudian akan dijual ke kota Balikpapan dan kemudian dikirim ke Jakarta lalu di ekspor ke negara-negara seperti Cina dan Singapura.
Meskipun pulau ini dihuni penduduk, sekitar pantai Pulau Popongan selalu jernih, dan menjadi habitat hidup beberapa ekor penyu. Penduduk setempat memiliki kesadaran untuk menjaga kelestarian si penyu-penyu tersebut.
 
Pulau Sumanga
Terdiri dari dua pulau tak berpenghuni yakni Pulau Sumanga Besar dan Pulau Sumanga Kecil, Pulau Sumanga Besar memiliki variasi terumbu karang yg berukuran besar, serta banyak terdapat penyu berkeliaran. Terumbu karang di pesisir pulau ini sangat indah, akan tetapi kedalamannya lumayan sekitar 2-3 meter.
Kemudian di sebelahnya terdapat Pulau Sumanga Kecil, karakter pulau ini memiliki pantai dangkal yg luas. Meski dangkal, airnya sangatlah jernih dan terdapat beberapa spot terumbu karang tempat hidupnya ikan nemo. Jadi ikan-ikan nemo bias kita temukan hanya di kedalaman 50cm.  Sangat memudahkan dalam hal pendokumentasian  karena wisatawan yang tidak bisa berenang pun bisa berfoto bersama ikan-ikan ini.
 
Pulau Lalungan
Selalu menjadi destinasi terakhir kami dalam perjalanan karena keindahan pantaidan kebersihannya. Pulau tak berpenghuni seluas tak lebihdari 1 Ha ini memiliki keunikan tersendiri karena suguhan pemadangan bawah lautnya sangat luar biasa.
Dan untuk menjangkaunya mudah dikarenakan hanya 1 meter dari bibir pantai kita sudah melihat terumbu karang yang cantik-cantik. Semakin ketengah, air semakin dingin dan kita bias melihat variasi coral berukuran besar, dan beberapa ikan nemo yang bermain di sekitaran anemon.
Selain Keindahan pantai pasir putih yang bersih, serta air laut yang jernih. Tak kalah indah pula sunset dan sunrise di Pulau Popongan yg begitu eksotik, serta terumbu karang yang cantik dan masih alami dan ikan berwarna-warni.
 
Ternyata memang masih banyak potensi yang masih belum dikenal seara luas di Kalimantan. Punya foto dan tulisan terntang destinasi baru di Kalimantan di tempat kalian? Kasih tau kami biar kita sama-sama perkenalkan Kalimantan sebagai tujuan wisata kepada dunia.

Untuk paket trip ke Kepulauan Balabalagan bisa di cek di sini: [Open trip] Explore Kepulauan Balabalagan.

*Foto dan tulisan oleh Putu Indrawan.

Happy Responsible Travel!
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

56 komentar :

  1. Karangnya banyaaak! pantainya masih bersih :D coba kemarin pas masih di kalimantan. Pasti ikutan aku kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Balik lagi kak...mumpung masih perawn..

      Hapus
    2. Assalamualaikum.wr.wb. perkenalkan nama saya katiman dari surabaya, saat menulis ini saya teringat memory masa lalu.saya sangat tergugah hati melihat coretan hati yang bapak tulis. saya jadi teringat tentang masa-masa sulit dulu,karena iktiar dan usaha , seolah2 menjadi dendam bukan lagi motivasi, cuma satu tujuan saya pada saat bagaiman caranya untuk bangkit..singkat kata berbagai macam iktiar dan cara yang saya lalui, mengingat pada saat itu hutang saya 1,2m yang tidak sedikit, belum lagi bunga renternir yang bertambah. karena usaha, kesungguhan hati, akhirnya menemukan jalan /solusi . saya percaya ALLAH ITU TIDAK DIAM MAHA PENYAYANG , cobaan itu bukan lah ujian tapi hadiah yang tersilmut untuk kebahagiaan yang sebenar2nya. Sudah banyak para normal yg kami mintai angka togel dan uang gaib cuma MBAH WITJAKSONO yg berhasil alhamdulillah itu betul-betul terbukti tembus. jika anda ingin seperti saya silahkan hubungi MBAH WITJAKSONO di: 0852_2223_1459. ingat kesempatan tidak akan datang untuk yang kedua kalinya KLIK-> BUTUH UANG GAIB

      Hapus
  2. Keren, masih alami dan nggak terlalu ramai

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu dia kak, makanya harus ke sini dulu..hehe

      Hapus
  3. tempat baru gini mesti buru2 didatangi ya daripada daripada :)

    BalasHapus
  4. Sukses buat acaranya gan, Kalimantan masih darithe next destination moga2 bisa nyampe sana

    BalasHapus
  5. Aduh mas jangan maksa aku balik kalimantan lagi dong huhuuu
    pengen yang lama disana deh

    BalasHapus
  6. Aku mau ikut, kirimin tiket dong hahaha
    Tapi sumpah keren banget, karang2 nya utuh dan pasir pantai nya juara

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus balik lagi kak...mana email aku kirim tiket

      Hapus
  7. kerennya indonesia, penuh dengan kekayaan alam dan pemandaan serta wisata menakjubkan, sayang sekali pemerintah kurang memperhatikannya :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Betel banget...sawit dan tambang lbih penting disini

      Hapus
  8. keren banget. sayang banget kalo banyak yg traveling di luar negri. padahal di indonesia sendiri punya tempat wisata yang begitu keren

    BalasHapus
  9. Perawan banget, terumbunya juga masih bagus. Kalau pergi tanpa ikut itinerary di atas bisa nggak, bro? On request buat tahun depan hehe ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diatur bro...yang penting banyak orang biar murah sewa kapal soalnya

      Hapus
  10. Wah, ini Balabalagan yg pernah di share Mpo Norma di FB itu ya. Keren banget ternyata sumpahh.. itu masih jernih banget...

    BalasHapus
  11. keren banget itu pulaunya .... jadi pengen kesana :D

    BalasHapus
  12. udah sampai ke Balabalagan ya ^_^

    BalasHapus
  13. Lihat foto - fotonya aja sudah sungguh menarik

    BalasHapus
  14. Yaah pengen ikutan tp bisanya tgl 25 november keatas :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada juga mas tanggal 26-29 November ini. berangkat tanggal 26 malam

      Hapus
  15. Nemu lagi ya destinasi baru... Menggoda, dan bikin penasaran. Melihat langit biru di pantai itu (foto terakhir), entah tersirat doa untuk Kalimantan semoga kabut asap menghilang...

    http://papanpelangi.co/2015/10/23/di-balik-kesulitan-ada-kemudahan/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah sudah bersih dari kabut asap

      Hapus
  16. airnya bening banget... bagus...

    BalasHapus
  17. Borneo memang mantap. Semoga makin maju ya mas usahanya

    BalasHapus
  18. Pulau Sumanga Kecil kykna recommended nih, soalnya gk bisa berenang :v

    BalasHapus
  19. Wow.. Pantainya masih benar2 alami..
    Salam kenal dari Lombok ya mas :D
    http://lombokwandertour.com

    BalasHapus
  20. Balasan
    1. Iya emang masuk Sulbar..ada di atas tu di tulis, tpu dari Kalimantan taparak :-D

      Hapus
  21. Aku mau ke sana kaya mana caranya

    BalasHapus
  22. waktu kesana arrange sendiri / ikut trip gitu? kalau arrange sendiri ada kontak org kapalnya sama org di balabalagan nya?
    terimakasih.

    BalasHapus
  23. wah Balabalagan keren ya. terima kasih mas untuk ulasannya.

    BalasHapus
  24. Apakah sudah pernah ke Pulau Samber Gelap - Kotabaru, Kalimantan Selatan. Kalo belum silakan dicoba hehehe... mantapp tu pulaunya... :)

    BalasHapus
  25. Ada kontak kapal jika tanpa trip org dan orang balabalagannya ga?

    BalasHapus
  26. Wow indah banget pemandangannya salam sukses :)

    BalasHapus
  27. Selamat siang gan selalu semangat yahhh

    kangen mr.M biar kaya Dulu lagi :( :(

    BalasHapus
  28. Thanks untuk informasinya gan semoga bermanfaat

    BalasHapus
  29. gilaaa... indah banget... jadi semangat untuk kesana..
    wisata jambi

    BalasHapus
  30. Indonesia memang top markotopppp... IloveIndonesia.
    kadang bingung gimana bisa bagi waktu antara liburan sama kerjaan

    BalasHapus
  31. gokyyyyllll, sembilan jam dan worth banget. Indah gitu. :))

    BalasHapus
  32. indah banget.kayaknya masi alami dan belum tercemar oleh tangan jahil.mungkin karna masih baru

    BalasHapus