Panduan Berwisata ke Taman Nasional atau Pulau Komodo

Sudah tahu Komodo kan? Tapi belum tentu semua mengetahui bagaimana cara untuk menuju ke sana dan bagaimana menikmatinya. Di dalam tulisan ini kita akan kupas secara tuntas untuk memudahkan anda mengunjungi salah satu dari keajaiban dunia tersebut.

Lokasi Taman Nasional Komodo

Taman Nasional yang sebagian berupa laut dan pulau ini berada di bagian timur Indonesia, di ujung barat provinsi Nusa Tenggara Timur. Tepatnya di Kabupaten Manggarai Barat. Kota atau bandara terdekat berada di Labuan Bajo dengan kode LBJ.

Cara Menuju Taman Nasional Komodo
Ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk menuju Taman Nasional Komodo, yang pastinya kita terlebih dahulu harus menuju Kota Labuan Bajo yang berada di ujung barat pulau flores, Nusa Tenggara Timur.
Kita akan bahas cara untuk menuju Labuan Bajo dari rute yang paling mudah yaitu lewat udara dengan pesawat terbang hingga darat dan laut.


Gerbang Taman Nasional Komodo
Menuju Labuan Bajo Via Udara dengan Pesawat terbang.
Di sini saya tekankan perjalanan via udara dengan pesawat penumpang, karena kalau kalian punya pesawat pribadi atau naga terbang tinggal sebutkan saja tujuannya langsung sampai. Menurut saya penerbangan menuju Labuan Bajo adalah salah satu penerbangan terindah di Indonesia karena sebelum mendarat kita bisa menyaksikan pulau-pulau kecil yang dikelilingi laut biru.
Dari Jakarta bagi yang ingin penerbangan langsung bisa menggunakan penerbangan satu-satunya yang direct yaitu Garuda Indonesia, selain itu harus transit di Denpasar, Bali. Dari Bali barulah dilanjutkan dengan penerbangan langsung menuju Labuan Bajo. Begitu pula dengan yang datang dari kota lain yang pertama anda harus terbang ke Bali terlebih dahulu baru dilanjutkan ke Labuan Bajo.
Berikut  jadwal penerbangan pesawat udara menuju Labuan Bajo:
Jakarta – Labuan Bajo:
Garuda Indonesia 10.35-14.00, harga termurah sekitar  1,5 juta per orang
Labuan Bajo – Jakarta:
Garuda Indonesia 14.40-15.50, harga termurah sekitar  1,5 juta per orang
Denpasar – Labuan Bajo
Garuda Indonesia: GA7026 07.30-09.15, GA7036 10.50-12.25, GA484 14.55-16.25. Harga termurah sekitar 700ribu an.
Wings / Lion Air: IW1888 08.00-09.15, IW1830 12.50-14.10, IW1898 13.55-15.15 . Harga termurah sekitar 400ribu an.
Nam Air: IN664 14.00-14.55. Harga termurah sekitar 500ribu an.
Labuan Bajo – Denpasar
Garuda Indonesia: GA481 7.20-8.55, GA7037 12.55-14.25, GA7027 16.00-17.30. Harga termurah sekitar 700ribu an.
Wings / Lion Air: IW1831 08.40-10.00, IW1889 9.35-10.55, IW1899 16.00-17.20. Harga termurah sekitar 400ribu an.
Nam Air: IN665 15.25-16.15. Harga termurah sekitar 500ribu an.
Sebenarnya juga ada penerbangan langsung lain seperti dari Kupang namun kalau anda dari daerah Indonesia tengah dan barat itulah jalur yang paling mudah.


Gili Lawa dari Udara
Via Darat
Bagi yang punya waktu banyak bisa memilih jalur darat atau overland, namun bagian ini memerlukan fisik yang kuat karena perjalanan dengan menggunakan bus atau mobil ditempuh selama berhari hari.
Bagi yang ingin naik angkutan umum bisa mengambil bus jurusan Denpasar dari mana pun anda berasal, kemudian dilanjutkan dengan bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo, biaya Bus dari Denpasar menuju Labuan Bajo sekitar 500.000-600.000 dengan melalui berbagai pulau seperti Lombok dan Sumbawa.
Via Laut
Jalur ini merupakan jalur termurah untuk menuju Labuan Bajo, ada beberapa Kapal PELNI yang singgah di pelabuhan Labuan Bajo. Diantaranya KM. Wilis, KM. Kelimutu, KM. Sirimau, KM. Tilongkabila. Anda bisa mulai dari Surabaya atau kota lain yang disinggahi oleh kapal tersebut di atas, untuk update jadwal dan harga silahkan hubungi kantor Pelni terdekat, namun bisanya sekitar 300ribu an sudah cukup untuk untuk menuju Labuan Bajo.
Berkeliling di Taman Nasional Komodo
Berhubung Taman Nasional Komodo adalah daerah kepulauan, satu- satunya cara untuk mengexplore keindahannya adalah menggunakan kapal. Berbagai macam pilihan kapal siap untuk di sewa di Labuan Bajo, dari yang tanpa kabin atau biasa yang disebut dengan open deck hingga kapal phinisi yang bisa untuk main bola diatasnya.
Harga sewa kapal dari Labuan Bajo juga beragam, tergantung ukuran kapal, jumlah penumpang dan rute yang akan dilalui, sewa kapal biasanya sudah termasuk dengan makan selama perjalanan berada di atas kapal. (Rekomendasi sewa kapal bisa ke pemiliknya langsung ke nomor 085251501009).


Jadi sebaiknya sebutkan dulu jumlah orang beserta mau ke pulau apa saja yang mau anda kunjungi, idealnya waktu untuk bisa mencapai semua destinasi utama di Taman Nasional Komodo adalah selama 3 hari.
Selain dengan menyewa kapal, bagi yang datang sendiri atau berdua bisa memilih untuk bergabung dengan open trip yang biasanya sudah dibuat terjadwal. Dalam open trip anda akan digabungkan satu kapal dengan traveler lain sehingga bisa lebih menghemat biaya, selain itu keuntungan ikut open trip adalah anda juga bisa memperoleh kenalan baru sesama traveler. ( Rekomendasi open trip Sailing Komodo bisa ke tourkomodo.co).
Aktifitas yang bisa di Lakukan di Taman Nasional Komodo
Trekking untuk bertemu Komodo.
Yang pasti dan menjadi tujuan utama adalah bertemu dengan Komodo itu tersebut, binatang langka yang hanya berada di Taman Nasional Komodo ini tentunya sangat sayang untuk dilewatkan. 
Ada dua lokasi yang bisa kita singgahi untuk melihat mereka, yang pertama dan terdekat ada di Pulau Rinca dan di Pulau Komodo.
Sebelum memulai trekking biasanya ranger akan mennjelaskan apa saya yang harus kita lakukan sealam berada di lokasi serta menberikan pilihan rute trekking seperti short, medium dan long. Saran saya ambillah yang short karena kita bisanya malah bisa bertemu Komodo di sekitar dapur.
Snorkeling atau Diving.
Selain bertemu dengan Komodo, keindahan bawah laut kepulauan yang terletak di jantung segitiga karang dunia ini juga wajib untuk dinikmati. Bagi yang sudah bersertifikat diving ada banyak dive centre yang menyediakan dive trip di Labuan Bajo. Sedangkan yang belum bisa diving cukup menikmatinya dengan snorkeling. Biasanya rute kapal atau itinerary open trip juga sudah termasuk mengunjungi spot snorkeling seperti di Pantai Merah atau yang biasa juga disebut Pink beach. 
Bagi yang tidak membawa alat snorkeling sendiri bisa menyewa nya di Labuan Bajo sebelum berangkat. Baca tips Snorkeling untuk Pemula di sini (Link)
Menikmati Pantai.
Ada banyak pantai yang bisa dinikmati di Taman Nasional Komodo, dari yang pasirnya berwarna putih bersih hingga yang berwarna coklat.
Bagi pencinta foto-foto pantai di sini sangat layak untuk menjadi objek yang harus direkam dalam kamera, apalagi ditambah dengan pose cantik dan aksesoris maka sepulang dari sini stok foto cukup untuk satu bulan.
Bagi para wisatawan asing, pantai di Taman Nasional Komodo yang berlimpah cahaya matahari merupakan tempat yang paling cocok untuk berjemur untuk mencoklatkan kulit, jangan lupa untuk selalu memakai tabir surya supaya kulit tidak terbakar oleh panasnya sinar sang surya.

Trekking Ke Puncak Bukit
Saat ini mendaki bukit sudah menjadi salah satu yang harus dilakukan karena keindahan yang bisa dinikmati setelah berlelah-lelah mendaki. Pulau Padar merupakan bukit dengan pemandangan terindah di Taman Nasional Komodo, dengan kontur yang berbukit tajam kita bisa menikmati pemandangan khas jurrasic park serta panorama tiga pantai dengan warna yang berbeda.
Ada juga Puncak Gili Lawa yang menawarkan view dua tanjung yang terpisahkan oleh selat kecil. Wisatawan biasanya mengambil jalur yang terjal ketika mendaki dan menggunakan jalur yang landai namun panjang ketika turunnya, sembali berjalan turun kita juga menikmati keindahan perbukitannya dengan rumput nya yang menghijau saat musim hujan.
Happy Responsible Travel!
Share on Google Plus

About backpackerborneo.com

Adalah sebuah travel blog oleh Indra Setiawan, media untuk memperkenalkan wisata dari Kalimantan dan catatan perjalan menikmati keindahan Indonesia. Silahkan like facebook Backpacker Borneo, follow Instagram @backpackerborneo dan follow juga Twitter @bpborneo untuk update informasi terbaru .

17 komentar :

  1. Gw kmrn nyobain direct dari jakarta ke bajo pake garuda, ternyata pake pesawat kecil yg cjr 100 itu dan lebih cepat cuman 2 jam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kak pengen juga, kalau ke Labuan Bajo kabarian ya, aku tinggal di sini sekarang.

      Hapus
  2. Kangan Labuan Bajo. Musti nabung extra kalau mau ke sana lagi karena ongkosnya tidak murah :)

    BalasHapus
  3. Bagi yang liburnya hanya sabtu - minggu, dan bisa cuti 3 hari sepertinya via udara paling gampang hehhehehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya pas kalau weekend sempat aja waktunya

      Hapus
  4. Ini dia destinasi wajib yang harus dikunjungi... Semoga ada rizki ke sana.

    BalasHapus
  5. Bosan main poker sama ROBOT? Kapan untungnya?
    Mari.. bergabung bersama kami di KEBUNPOKER, main poker tanpa Robot 100% player vs player.
    Deposit Minimum Rp. 15.000
    http://kebunpkr99.pkr69.com
    Support Bank BCA, MANDIRI, BNI, BRI,DANAMON
    add 2BE3264A

    BalasHapus
  6. keren banget lokasinya.... semoga tahun ini bisa nyusul kesana...

    BalasHapus
  7. makasih sharingnya, impianku juga bisa ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mudah-mudahan segera terwujud mimpinya.

      Hapus
  8. Noted, disimpan dulu siapa tahu nanti bisa kesini :)

    BalasHapus